Rabu, 05 Januari 2011

Problem, Berpikir, dan Cerdas

       "Aduh.....mumet pikiranku", Ah.....rasa pecah kepalaku, Ampun.....tak sanggup lagi, pikiranku blank", demikian antara lain ungkapan orang yang sedang merasa terhambat laju pikirannya, ketika berhadapan dengan problem. Hidup ini memang tak mungkin tanpa problem. Bahkan tanda suatu kehidupan masih berjalan normal, ketika problem masih datang silih berganti. Tetapi adakah manusia yang senang didatangi masalah ? Adakah insan yang gelak ketawa, karena bertemu problem ? Kalau ada, tentu terasa aneh. Adakah keluarga yang gembira ketika anaknya semakin nakal ? Adakah guru yang senang melihat muridnya malas belajar ? Ini problem, dan.... masih banyak lagi problem. Pokoknya, ketika harapan, keinginan, ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi, maka wujudnya adalah masalah.Dan ini pasti tidak menyenangkan.  Lalu bagaimana orang mencari solusi dari suatu problem ?  Inilah tugas pokok dari berpikir. Tetapi benarkah orang selalu berpikir ketika berhadap dengan masalah ? Tentu tidak, bahkan banyak orang memecahkan masalah dengan emosinya, sehingga bisa jadi masalah bukan saja tidak ditemukan solusinya, bahkan masalah menjadi beranak pinak. Lalu, apa sebenarnya berpikir ? 
       Berpikir adalah perilaku abstrak yang dikendalikan oleh otak, yang wujudnya berupa gagasan, ide, un tuk membuat perilaku nyata, sehingga problem dapat diurai dan berubah menjadi sarana mempercepat tercapainya suatu tujuan. Berpikir minimal mempunyai tiga tugas yang tidak terpisahkan, yaitu:
1. tugas dasar dari berpikir adalah mengingat. Tanpa ingatan yang baik, sulit orang untuk berpikir secara 
    efektif. Tetapi kalau berpikir hanya difungsikan untuk mengingat/menghapal sesuatu, maka hasilnya akan
    sangat terbatas.Itu sebabnya kalau pembelajaran di sekolah hanya atau terlalu terfokus pada hapalan, maka
    kualitas berpikir anak hasil pendidikan tersebut, tentu sangat sulit diandalkan dalam menghadapi kehidupan
    ini, apalagi dizaman teknologi informasi sekarang ini.
2. tugas pokok dari berpikir adalah memecahkan masalah, membuat pendapat, mengolah  
    konsep/perencanaan. Dengan kata lain, bila problem tak pernah ada, atau jarang terjadi, maka kemampuan
    berpikir manusia "diistirahatkan". Kalau ini berlangsung lama secara simultan, maka bisa dibayangkan
    bahwa kemampuan berpikir itu semakin lama semakin redup, dan semakin terasa berat untuk difungsikan
    kembali. Sebaliknya, kalau problem datang silih berganti, pikiran selalu difungsikan untuk menemukan 
    solusinya, maka semakin lama kemampuan berpikir tersebut, terasah, terlatih sehingga semakin tajam,  
    kuat, dan .....orang  yang  bersangkutan semakin cerdas/ pintar.Jadi dapat dikatakan, bahwa kecerdasan
    sesorang akan menjadi fungsional/terwujud akibat adanya problem..Adanya masalah justru menjadi
    pemicu terwujudnya. Walaupun tidak menyenangkan, adanya masalah dalam kehidupan ini, bila kita simak
    hikmah yang tersembunyi di dalamnya, maka seharusnya manusia selalu bersyukur, dan mau serta harus
    mampu "menerima" realita, bagaimanapun pahitnya realita itu. Singkatnya, kalau manusia mendapat masalah
    selalu berkeluh kesah, maka secara tidak langsung, sama artinya ia ingin dijauhkan dari "hidup cerdas".
3. tugas kongret dari berpikir adalah mewujudkan tindakan nyata. Artinya hasil berpikir yang masih abstrak,
    harus dilanjutkan dengan berpikir untuk melakukan tindakan. Adanya tindakan akan memberikan manfaat
    bagi dirinya dan orang lain. Banyak hasil berpikir yang brilian, namun akhirnya tak pernah ada manfaatnya,
    karena tak pernah dilakukan tindakan.Inilah salah satu penyebab, mengapa banyak orang "pintar" di atas
    kertas (ijazah, sertfikat, dan penghargaan lainnya), tetapi tidak terlihat kiprahnya dalam kehidupan
    masyarakat.
       Dari uaraian singkat di atas, dapat dikatakan bahwa adanya berbagai problem harus dihadapi dengan berpikir, sebab hanya dengan cara inilah kita akan menjadi semakin cerdas.
  

281 komentar:

  1. setiap masalah memang bikin mumet dan gak ada satupun orang didunia yang suka sama masalah tapi yang harus di garis bawahi adalah bukan bagaimana perasaan kita terhadap masalah tapi bagaimana cara kita menghadapi suatu masalah karena dengan adanya masalah kita bisa jadi lebih dewasa dalam bertindak(34,B,SI)

    BalasHapus
  2. Jika dengan membiasakan diri dalam berpikir terlebih dahulu sebelum menyelesaikan suatu masalah, maka kemungkinan besar masalah tersebut akan terselesaikan....
    ..lalu bagaimana jika solusi tersebut dikaitkan dengan kepribadian seseorang yang gemar/ memiliki kebiasaan berpikir, misalnya dalam hal belajar ????
    ..apakah kepribadian seseorang yang seperti itu bisa menjadi modal bagi dirinya dalam menyelesaikan berbagai masalah yang akan dihadapinya ????

    BalasHapus
  3. Maaf pa, lupa mencantumkan identitas..
    tlong kasih komentarnya ya pa..
    Makasih..
    (Maria..27,B,SI).

    BalasHapus
  4. Untuk naik kelas memang harus ada ujian agar diketahui siapa yang dapat nilai tertingi dan yang terendah MASALAH adalah JUGA UJIAN orang pintar ketika menghadapi masalah dia mampu menghadapinya dengan tenang dan bisa memecahkannya dengan baik kemudia diaplikasikan dengan tindakan nyata agar bisa terlihat untuk manfaatnya baik untuk peribadi atau pun orang lain...kalau kita melihat dari sisi baiknya MASALAH adalah RAHMAT dari Allah SWT karena denganya kita menjadi orang yang bisa berfikir cerdas...insyaAllah..
    (Rahmiati Semstr V ilung)

    BalasHapus
  5. setiap masalah membuat kita susah, beban pikiran, dan berkepanjangan.
    tapi jika masalah itu didekati dan berpikir cara menyelesaikannya, maka tidak menutup kemungkinan permasalahan itu selesai.dari masalh itu kita bisa bljar dan membuat kita dewasa dlm bertindak.

    tp kdang ada msalah yg membuat kita terjepit, contohnya pada orang ekonomi ke bawah yang dijerat utang oleh rentenit.
    bagaimana pendapat bapa??
    (winda.36,B,SI)

    BalasHapus
  6. permasalahan yang di hadapi terkadang ada yang berat dan kita jadi pusing memikirkannya.Namun,dengan permasalahan tersebut jangan membuat kita lari dari masalah.Tidak dapat di pungkiri dalam menghadapi masalah kita membutuhkan orang lain untuk berbagi karena kita merupakan makhluk sosial.Namun ada kalanya kita harus menyelasaikan masalah kita dengan cara kita sendiri.(04,B,SI)

    BalasHapus
  7. ya .. satu hal dalam hidup ini. Tuhan tidak memberikan masalah yang tidak bisa kita pecahkan. Hadapilah setiap masalah dengan pikiran jernih dan dengan hati yang ikhlas. Karena jika kita berani menghadapi masalah tersebut maka kita akan mendapat pengalaman baru yang sangat berharga. Jika masalah itu telah dapat diselesaikan maka bersyukurlah. tidak ada manusia tanpa masalah. baik itu besar ataupun kecil. Jangan kita lihat besar atau kecil suatu masalah tetapi seberapa bijaksana kita menyelesaikan masalah.
    Ada hal yang harus selalu di ingat Kita hidup tidak hanya di kelilingi oleh masalah tetapi kita hidup juga di kelilingi oleh bahagia. Tetapi mungkin kita tidak menyadarinya.
    Dan di balik semua masalah tersebut sudah menanti rencana terbaik Tuhan bagi kita umatnya yang percaya.(49,b,SI)

    BalasHapus
  8. Problem,Berpikir dan Cerdas
    ..Setelah saya memahami kutipan diatas,ketiga hal tersebut layaknya seperti saudara kandung,dimana diantarany saling berhubungan,keterkaitan dan menjadi satu , hal itu yg sering kita alami dikehidupan sehari-hari,mungkin tidak banyak insan manusia yang menyadari bahwa sesuatu masalah yang dia dapat atau alami,sebenarnya itu adalah awal dari proses pembelajaran diri dan otomatis akan menjalani proses berfikir,,yang tentunya untuk mencari jalan keluar pemecahan masalah yang dihadapi,sampai nanti akan menemukan kesimpulan dan jalan keluarny dan disitulah pangkat kita sebagai orang yang cerdas,karena dapat mengadapi masalah dengan berfikir positif tentunya,kesimpulanny problem yang didapat kini berubah menjadi pengalaman yang amat berharga,menjadikan kita seorang yang ''cerdas menghadapi masalah atau problem''
    (34,A,D3/smester I)

    BalasHapus
  9. Orang yang terbiasa menyelesaikan masalah dengan berpikir akan mudah menyelesaikan masalahnya.tapi,kebanyakan orang memecahkan masalah menggunakan emosinya tidak dengan berpikir sehingga bnyak masalah baru lagi yg bermunculan,dan ia tidak mampu menyelesaikannya.bagaimana caranya menghadapi dan memotivasi orang tersebut agar ia mampu bangkit kembali dan menyelesaikan masalahnya(jika orang tersebut adalah orang terdekat kita)?????
    (42,B,SI)

    BalasHapus
  10. iya.... apabila kita ada masalah rasanya bosan untuk hudup, apalagi bila masalahnya sangat sulit untuk menemukan solusinya sehingga banyak orang yang mengambil jalan pintas/singkat. Namun apabila hidup tidak ada masalah mungkin tidak bisa dikatakan hidup.

    Banyak juga orang yang mendapatkan masalah dan menanggapinya dengan emosi, sehingga saat emosi kita bisa mengambil suatu kesimpulan/keputusan yang akhirnya membuat penyesalan bagi kita.
    Karena emosi tersebut, kita menjadi tidak bisa berpikir secara jernih dan tidak bisa mencari solusinya dengan benar.
    Maka dari itu menurut saya, apabila kita mendapat masalah, janganlah menanggapinya dengan emosi dan jangan kita mengambil suatu keputusan disaat kita masih dalam emosi tinggi.

    Tapi saya masih bingung pak, bagaimana caranya supaya kita tidak menanggapi masalah dengan emosi?????
    karena saat kita mendapat masalah, kita tidak bisa lagi untuk berpikir panjang, sehingga kita secara emosi bisa mengambil keputusan yang akhirnya merugikan diri kita sendiri.
    (36,B,S1)

    BalasHapus
  11. Masalah memang suatu momok yang menakutkan,bahkan terkadang bagi kita masalah adalah sesuatu yang selalu mengejar dan menghantui kita bahkan kita tidak ingin melalui masalah itu bahkan ingin lari dari masalah itu.

    Tapi bahwa kita tahu setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jika kita menghadapinya dengan pikiran yang jernih dan positif,dengan menggangap masalah itu tantangan yang harus di lalui.

    Karena segala sesuatu bentuk masalah pasti ada jalan keluarnya yang penting kita percaya kita mampu melewati semuanya dengan bijaksana. SEMANGAT ,BERSYUKUR dan SMILE lewati hidup ini ...SEMUA INDAH PADA WAKTUNYA.(melania,28,B,SI)

    BalasHapus
  12. Kebanyakan orang menganggap masalah yang menimpa mereka adalah sebagai beban apalagi bencana.

    Namun jika kita mau menghadapi kenyataan, semakin banyak kesempatan bagi kita untuk menemukan cara untuk keluar dan melewati berbagai masalah karena dengan adanya masalah membentuk kepribadian kita agar lebih dewasa dan kreatif.

    BalasHapus
  13. maaf pak lupa identitasnya(ranika,38,B,SI)

    BalasHapus
  14. memang setiap manusia pasti memiliki problem/masalah, dan masalah bisa membuat seseorang itu stress,,,
    tetapi dengan kita bisa mengolah masalah itu menjadi suatu pembelajaran maka masalah yang kita punya itu tidak akan membuat kita merasa terbebani dengan masalah tersebuttt...dan jagan takut terhadap suatu masalah tersebut dan jadilah orang yang bertanggung jawab terhadap sutu masalah,,,(01, B, si)

    BalasHapus
  15. hidup selalu ada saja masalah, tetapi masalah itulah yang membuat sesorang menjadi lebih hidup ... maka dari artikel bapak yang saya baca, sepertinya sangat pas dengan kehidupan saya skrg, suka mengeluh saat ada masalah, hehhe .. dan mulai sekarang saya akan coba berubah dan mengamalkannya dari artikel yang bapak buat ..
    (16 G)

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Semua masalah itu memang tak pernah di inginkan oleh setiap orang.., dia selalu datang secara tidak disadari., namun setiap masalah itu pasti mempunyai jalan keluarnya..
    Kita harus cerdas dalam mencari jalan keluar tersebut., sehingga masalah yang kita hadapi akan berkurang sedikit demi sedikit walaupun ia takkan pernah habis..,
    (PO7131010163,G) / (28,G)

    BalasHapus
  18. Masalah yang kita hadapi adalah cobaan yang diberikan TUHAN,agar meembuat kita lebih baik dan ingat kepada NYA,tetapa hal tersebut tergantung bagaimana kita menyikapinya.Apakah kita jauhi atau kita jalani?,apabila kita jalani,kita pasti memikirkan jalan untuk penyelesaian maalah tersebut.(46,b,DIII,SI)

    BalasHapus
  19. saya sangat setuju dengan pendapat penulis tentang hidup tidak akan lepas dari yang namanya problem.Problem adalah seni dalam kehidupan,tanpa problem kita sebgai insan ciptaan tuhan tidak akan berguna rasanya,,walau pun masih bayak orang yang belum tau seberapa berharganya problem.Problem memang sangatlah tidak disenangi oleh setiap individu karna dapat menghambat tujuan individu tsb.Tapi dengan problem kita dituntut untuk berpikir agar problem itu dapat kita selesaikan dgn baik,tanpa dibarengi dgn adanya emosi,karna emosi dapat menambah anak dari masalah tsb.Dgn berpikir dan tnpa adanya emosi,disitulah nampak kecerdasan kita dalam menyelesaikan masalah...problem merupakan pelajaran yg sngat berharga bagi kita...(Firdaus/712001s10017/D3/A/smter 1)

    BalasHapus
  20. Setiap manusia yang hidup di dunia ini, selalu ketemu dengan yang namanya masalah. tergantung caranya bagaimana untuk menyikapi masalah tersebut, masalah bukan berarti halangan untuk mencapai suatu tujuan, tergantung cara menyelesaikannya. jadi aku yakin kita pasti bisa kalau kita berusaha..(9,A,SI/d3keperawatan)

    BalasHapus
  21. Hidup tanpa problem rasanya kurang komplit,
    Problem itulah yang menjadi spion kita agar kita bercermin pada kesalahan-kesalahan sebelumnya…
    Dengan mengetahui dimana letak kesalahan kita, tentu kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. tuhan pasti memberikan sesuatu atau pelajaran dibalik permasalahan yang kita hadapi. Jalanilah setiap problem dengan keikhlasan, dari keikhlasan tersebutlah kita dapat berfikir untuk menyelesaikan problem tersebut.
    (016,A,SI)

    BalasHapus
  22. problem/masalah adalah sesuatu yg tak diharapkan semua insan tp dengan masalh itu lah manusia dapt berkembang menjadi lebih baik..! itulah hidup tanpa masalh bagaikan makn tanpa nasi..!(salehuddin, 44, D3 IB,SI)

    BalasHapus
  23. ya itu benar tapi hidup tanpa masalah rasaya tidak lengkap walau pun pada kenyataan nya manusia ga ada yang senang dengan yang namanya masalah . tapi tanpa adanya kehadiran suatu yang namanya masalah kita tidak akan bisa berbuat apa-apa melalui masalah kita di uji dan dilatih untuk berpikir . dengan kita berpikir kta dapat menyelesaikan masalah sedikit demisedikit saipai tuntas dengan penyertaan Tuhan namun kebanyakan manusia maunya instan ga mau ada masalah makanya ketika dapat masalah langsung stres pengen bunuh diri . karena ga mau mengenal masalah bahkan menjauh dari masalah padahal yang namany masalah tidak bisa dihindari selalu datang silih berganti namun sebagai orang beriman dan percaya pada TUHAN tidak takut dengan masalah .,712001s1002/D3 keperawatan sI/1a/SEMESTER 1.

    BalasHapus
  24. benar sekali apa yg telah bapak tuls di artikel ini. masalh akn membaut seseorg berpikir sehingga dapt mkenghasilkan suatu karya yg sangt hebt yaitu kecerdasan. jnganlah pernah lari dari maslhkarena itu hnya akn membuat kita semakn rapuh. tetpi hadpilh masalh itu walau sesulit apapun krna kita akn semakin mengrti dan tau tentang kehidupn dan akhirnya kita kn mersakn suatu kenikmatan dari masalh yg muncul. (dedi irawan, 8,D3 IB,SI)

    BalasHapus
  25. problem atau masalah itu pasti ad dalam kehidupan kita sehari '' . masalah itu bisa muncul dari dalam . keluarga,tman,dll . maka dari itu kita perlu problem berpikir agar semua masalah yang kita hadapi dapat terselesaikan tanpa ada masalah '' yang tertinggal . dan dengan problem berpikir itu pula kita dapat berkembang lebih baik lagi agar terselesaikan nya semua masalah . ttp masalah '' itu tak akan pernah habis sampai kapan pun . karna hidup tanpa masalah itu sangad tak mungkin terjadi . dalam kehidupan kita masalah selalu ad . jadi semua masalah itu ad dari dalam diri kita masing '' kapan pun dan dimanapun . ( Edwin christianto,11,1b,SI)

    BalasHapus
  26. saya setuju dengan penulis ini: setiap manusia di dlm dunia ini semua pernah mengalami suatu masalah dalam hidup nya karena suatu masalah adalah probleman kehidupan ,tetapi yg perlu kita ketahui adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan pikiran yg dingin dan dgan penuh kesabaran.... (7, b, si)

    BalasHapus
  27. Saya sedikit mengerti apa yang tertulis diatas , memang benar semua orang mempunyai masalah atau problem. Jika problem itu tidak ada maka seseorang itu tidak dapat berpikir bagaimana memecahkan problem itu?. Dan dengan tidak ada problem maka tidak merasakan berpikir itu. Saya setuju problem memang dapat menghambat impian, tetapi dengan adanya problem dapat berpikir bagaimana memecahkan problem dan impian itu tidak trhambat.
    Dengan seseorng mendapatkan sebuah problem maka seseorng tersebut akan, mengahadapi dimana harus mengingat masalha tersebut, kemudian bagaimana masalah itu dipecahkan dan tindakan untuk memecahkan problem tersebut.
    Terkadang problem memang menjadi masalah yang sangat memusingkan tapi jika menaggapi problem itu dengan baik dan dgan kepela dingin maka problem yang tadinya menjadi masalah akan menjadi pelajaran yang sangat berharga. Dan perlu di ingat, Tuhan tidak akan memberikan problem yang melebihi batas pikir umatnya.(30,A,D3,SI

    BalasHapus

  28. “saya sependapat dengan bapak bahwa setiap masalah itu harus dihadapi dengan berpikir, kerena tanpa berpikir bagaimana kita akan menyelesaikan masalah tersebut. Dan berpikir yang dimaksud adalah berpikir dengan 3 tugas berpikir yang seperti bapak cantumkan di atas, dari tugas dasar,tugas pokok, dan juga tugas kongkret. Namun dalam kenyataannya kebanyakan dari kita melakukan berpikir itu hanya untuk menghapal, atau hanya memberikan pendapat atau gagasan untuk orang lain tapi untuk mewujudkannya dalam sebuah tindakan yang nyata sangatlah minim. Mengapa sebagian orang bisa berlaku seperti itu?????apakah dirinya merasa minder, takut, atau tidak percaya akan pendapatnya tentang suatu masalah tersebut sehingga dirinya berlaku seperti itu????” Saya mohon penjelasan dari bapak mengenai hal tersebut dan terimakasih atas diperbolehkannya saya untuk ikut berpartisipasi di dalam artikel bapak yang bagus ini ( 712001.S.10.080 (30/B/SI))

    BalasHapus
  29. Problem itu ibaratkan pengalaman dalam hidup...atau bisa dibilang sebagai guru dalam hidup...jangan hanya memandang problem itu sebagai beban saja...tapi cobalah berfikir positif bahwa dari setiap problem itu pasti selalu ada pelajaran berharga yang bisa kita terima...yakin dan percaya saja bahwa setiap problem itu pasti ada penyelesaiannya masing-masing.
    (Velly Cahayani,048,Ia.D3, SI)

    BalasHapus
  30. masalah adalah sebuah pelajaran........
    dimana kita belajar banyak dari arti sebuah masalah yang sesungguhnya.... jadi jangan pernah putus asa tetap hadapi semua karena kita masih dalam tahap belajar .... semakin kita berusaha semakin kita bisa.....
    (karmila olivia 23,1b,D3,SI).

    BalasHapus
  31. problem....problem.....dan problem
    Setiap orang pasti merasakan yang namanya problem karena hidup pasti berhubungan dengan yang namanya problem rasanya sepi jika hidup tanpa problem karena melalui problemlah kita bisa berfikir untuk menyelesaikan perblem itu, gak heran setiap orang pusing dengan adanya problem karena problem menuntut kita untuk berfikir dan berfikir,tetapi tidak setiap problem itu buruk,dan hendaklah problem ini kita jadikan pengalaman dalam hidup kita karena pengalaman adalah guru yang terbaik dalam hidup kita.
    (Dian Gusnita/012/IA D III/SI)

    BalasHapus
  32. Problem ibarat kan sebagai gejala dalam hidup...tanpa adanya problem hidup akan terasa mati...maka dari itu jadikan lah problem sebagai..acuan untuk kehidupan selanjutnya....jadikan problem sebagai pelajaran hidup....
    (Ratna Sugianti,036,IA,D3,SI)

    BalasHapus
  33. sebetulnya hidup ini sangat sederhana,ada masalah dan juga ada jalan keluarnya.tetapi kita merumitkannya dengan memecahkan masalah menggunakan emosi,sehingga masalah tersebut menjadi berlarut-larut dan tak kunjung selesai. seharusnya dalam mengatasi masalah kita harus berpikir positif karena setiap masalah pasti mengandung hikmahnya tersendiri.dan yakinlah orang yang menghindari kesalahan(masalah)tidak akan bisa tumbuh baik dalam mengatasi masalah karena dari masalahlah akan adanya "dibalik hari esok akan lebih baik".(miming,29,D3,B,SI)

    BalasHapus
  34. setelah saya membaca artikel diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa setiap manusia tidak luput dari suatu masalah. akan tetapi kita sebagai manusia harus kritis menanggapi masalah tersebut, apakah masalah tersebut membawa dampak positif untuk diri kita, ataupun sebaliknya membawa dampak negatif.pasti setiap orang menganggap bahwa masalah itu adalah penghalang untuk meraih kesuksesan, akan tetapi menurut saya masalah itu adalah sebagai motivasi kita supaya lebih maju. oleh karena itu, janganlah kita terlalu memikirkan suatu masalah, karena dibalik masalah itu ada kesuksesan. (1/A/SI/D3/smter1)

    BalasHapus
  35. setiap problem memang terkadang bikin kita pusing.
    tetapi setiap problem dapat diselesaikan dengan cara berpikir agar menemukan jalan penuntasan masalah, sehingga orang tersebut dapat dikatakan cerdas.
    tetapi terkadang sebagian orang bila mendapat suatu masalah(problem) dalam kehidupannya,dia tidak pernah berpikir terlebih dahulu, tetapi langsung bertindak. Bagaimana menghilangkan penyakit tersebut, apabila mendapat suatu masalah, langsung bertindak tidak berpikir terlebih dahulu???
    apakah orang yang bertindak terlebih dahulu baru berpikir itu dapat dikatakan sebagai orang yang tidak cerdas???
    (OKTANTI,35,B,DIII,SI)

    BalasHapus
  36. setiap org di dunia ini sesungguh nya tidak pernah mengginkan ada masalah di dalam hidup nya tapi semasa kita masih hidup kita pasti selalu mendapatkan masalah. bangun tidur saja kita sudah mendapatkan maslah terkadng kita enggan berpisah dari bantal di saat pagi hari sewaktu kita ingin melakukan aktifitas iya.........kan.
    tapi tergantung kita bagaimana menghadapi masalah tersebut bila kita tetap berfikir positif & sabar pasti masalah itu kita akan lalui dengan mudah dan kita rus ingat setiap masalah pasti ada hikmah nya tersendiri bgi hdp kita...dengan cara ini berarti kita menjadi org yg cerdas..

    BalasHapus
  37. maf...pak ketinggalan idenrtitas saya: Veronica myuvita/47/B/712001S10097/D3/SI

    BalasHapus
  38. menurut saya selain dengan cara berfikir dalam mengatasi suatu masalah bisa juga dengan cara sharing dengan orang lain,seperti orang tua, dan teman.karena kita hidup bukan hanya sendirian melainkan kita hidup bersosial..

    BalasHapus
  39. maaf pak krtinggalan identitas saya(Reni Okta,037,A,DIII,SI)

    BalasHapus
  40. menurut saya,di samping berfikir kita juga perlu berusaha dan minta pertolongan pada Tuhan, agar problem dapat diatasi. dan dalam menghadapi problem jangan mudah putus asa, karena setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya.(Yusfina Resi,050,A,DIII,SI)

    BalasHapus
  41. PROBLEM...memang selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.. gak ada manusia yang gak pernah punya masalah .. namun cara kita untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut berbeda-beda..oleh karena itu janganlah kita larut dalam masalah tersebut..karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluar nya..asal kita mau berusaha dan berdoa..(muliadi,30,B,DIII,SI)

    BalasHapus
  42. Kehidupan memang tidak pernah terlepas dari masalah, seperti apapun bentuknya. Kita semua pasti mempunyai masalah. Dari situlah kita dapat mengetahui sejauh mana kecerdasan kita dalam menjalani kehidupan ini. Tetapi pada kenyataannya, banyak orang (termasuk saya) sering mengeluh kalau berhadapan dengan masalah, kerena sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan terjadi pada kita. Oleh karena itu hendaklah kita mulai membiasakan otak kita untuk berfikir, agar kita tidak tersesat dalam menjalani hidup ini..(1G)

    BalasHapus
  43. masalah....
    itu lah yang sering terjadi dalam kehidupan manusia,tapi kebanyakan manusia benci dengan masalah tanpa memikirkan sesuatu yang ada pada masalah itu.
    sebenar nya dengan adanya masalah manusia bisa belajar dan berfikir terhadap suatu masalah dan menjadikan dirinya cerdas dalam mengambil suatu keputusan atau tindakan dalam hidup bermasyarakat.
    (hendra gautama ,17,B/DIII,si)

    BalasHapus
  44. Masalah,dalam hidup ini kita tidak mungkin lepas dengan namanya masalah.Banyak orang yang berpikir masalah merupakan suatu bencana dalam hidupnya.Padahal dengan adanya masalah kita dapat terdorong untuk berpikir untuk menyelesaikannya dan kita mendapatkan ilmu.Ilmu bukan saja di dapat dari buku tetapi bisa juga dari pengalaman yang telah kita jalani.Bagi orang-orang tertentu masalah merupakan cobaan.d dari Maha Pencipta,yaitu ALLAH SWT.Yang mengukur seberapa besar kesabaran dan usaha kita untuk menyelasaikannya masalah tersebut.Dan dengan berpikir kita tidak akan melakukan hal-hal yang di larang.dan pasti ada jalan keluarnya.(maya,29,1a/D3,si)

    BalasHapus
  45. masalahbagaikan benang yg kusut dalm kehidupan, tetapi tnpa masalah hidup manusia takn lengkp, dg masalah manusia bisa mendapt suatu pangalaman yg berharga sehingga dapt digunakan dimasa mendatng. jadi jangan pernah lari dari masalah karena kita akan mandapatkan apa2, tetapi hadapi lah masalah itu karena kita akan semakin kuat dan semakin meningkatkan kecerdasan kita. (14,1A/D3,SI)

    BalasHapus
  46. setiap orang pasti tidak ada yang suka bila dilandasi sebuah masalah, namun kita tidak dapat menghindari sebuah masalah tersebut. dengan berpikir, belajar, dan tewakal kepada tuhanlah kita bisa mengatasi sebuah mesalah tersebut. sriwati absen 044 smster 1a. suaka insan

    BalasHapus
  47. Mungkin didunia ina manusia tak pernah lepas dari masalah. setaip orang pasti tidak mau,kalau dirinya atau kluarga nya tertimpa masalah,,.'
    tapi dengan kita diberi problem maka kita akan bisa belajar untuk menguji mental dan diri kita,, terutama kesabaran kita dalam menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah tersebut..
    Jadi kalau kita ada masalah berpikir lah secara dingin,,jangan dibaea emosi..
    kalau kita bawa dengan emosi masalah tersebut malah akan beranak,,bercucu bukan malah selesai tapi malah bertambah,
    Suatu masalah harusnya dapat kita syukuri karena tidak ada suatu masalah pun yang tak ada jalan keluar .
    Asal kita bisa bersabar dan yakin kan dibalik masalah itu pasti ada sesuatu yang indah kita dapat.
    (Deddy.Anwar.I.09.B/DIII.SI)

    BalasHapus
  48. masalah...masalah... tidak ada yang menginginkan yang namanya masalah.jujur saya sendiri kalau bisa sampai mati nanti jangan ada yang namanya masalah dalam hidup saya... cukup membuktikan betapa orang membenci suatu masalah.. tapi Tuhan memang adil. dengan adanya masalah malah bisa membuat kita menjadi lebih dewasa.atau sebaliknya membuat kita terpuruk oleh masalah itu.jadi tinggal pilih,, jika mau menyelesaikan masalah dengan baik,kita harus menggunakan pikiran yang tenang, dan sabar. bukan menggunakan emosi. maka jadikanlah masalah itu berdampak menguntungkan dan bukan merugikan kita, berpikirlah dengan cerdas dan say goodbye for your problem. karna setiap masalah pasti ada solusinya,temukan itu dengan hati kecil mu!!!.

    BalasHapus
  49. maaf ya pak, identitasnya lupa di cantumkan.
    makasih.
    andrey hawini.2.1b.DIII.SI

    BalasHapus
  50. setelah saya membaca kutipan d atas muncul pemahaman saya tentang problem,berpikir, dan cerdas satu sama lain sangat berkaitan.dengan adanya problem,setiap org pastilah dituntut untuk berpikir,'.berpikir bagaimana cara memecahkan masalah,karna yang saya yakini setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.'
    Ada dua tipe orang dalam menghadapi masalah atau problem, yaitu reactive (bereaksi begitu masalah datang) dan receptive (mau menerima masalah).
    kita mau menerima masalah dan pada saat yang sama membuat solusinya.berarti ini (receptive) kita mengubah cara pandang kita akan masalah itu,mengubahnya dari ancaman menjadi peluang untuk mengembangkan diri.'Dalam mencari solusi, kita perlu untuk mengetahui penyebab dari masalah itu, agar solusi yang kita dapat itu tepat sasaran.maka dari itu kita perlu berfikir terlebih dahulu lalu bertindak.
    masalah bukanlah ancaman tetapi justru konsekuensi yang timbul dari suatu kondisi yang kita ciptakan. Oleh karena itu kita mempunyai kekuatan untuk mengubah kondisi tersebut dari dalam diri sendiri.'
    hidup ini bukan mencari jawaban bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi namun berapa cara yang dapat kita gunakan dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah tersebut, walau terkadang pilihan itu berat namun dengan pilihanlah kita dapat menentukan sebuah perjalan hidup.'

    BalasHapus
  51. maaf pak ,'lupa masukan identitas
    (imuninesa- 022.A.DIII.SI)

    BalasHapus
  52. Di dunia ini kita tidak mungkin luput maupun lepas dari kesulitan hidup, baik cobaan yang ringan maupun berat. Sebenarnya ringan ataupun beratnya masalah kehidupan tersebut tergantung dari bagaimana kita menyikapi dan bagaimana cara pikir kita untuk menyelesaikan masalah kehidupan tersebut.salah satunya dengan mengoptimalkan kekuatan dari dalam diri kita sebagai sumber solusinya ( Sumiati-045.A.DIII)

    BalasHapus
  53. problem adalah pintu yang harus dibuka untuk mencapai kesuksesan , problem adalah guru yang mengajarkan kita untuk menjadi lebih dewasa , jadi problem ada untuk dilewati bukan untuk dihindari. (024/A/D3/SI)

    BalasHapus
  54. Pecundang adalah sebuah gelar bagi orang yang tidak dapat memecahkan dan menyelesaikan masalah. Tetapi manusia diciptakan bukan untuk jadi pecundang, melainkan untuk menjadi pemenang dan menyelesaikan tugasnya sampai akhir. Masalah adalah tugas kita..untuk itu jadikan masalah sebagai transisi mental kita,ikuti saja tetapi jangan terseret ke hal yang tidak benar. Untuk itu jangan fokus ke masalah saja, tetapi fokuslah ke penyelesaian masalah itu sendiri.

    BalasHapus
  55. Maaf pak lupa mencantumkan identitas saya.
    (EVITRI NOVITA/015/IA/D3/SI)

    BalasHapus
  56. Tidak ada otang yang suka dengan masalah,namun bukan berarti harus lari dari satu kenyataan...dengan menghadapi suatu masalah,menjadikan mental kita lebih matang dan menuntun kita untuk berpikir secara langsung berpikir bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah dan mencari jalan keluar yang lebih baik bukan dengan EMOSI...mmmmmm masalah juga mmpunyai suatu proses dimana mengajarkan untuk berpikir dan melangkah secara lebih baik....hingga menjadikan satu kematanggan mental mantap n cerdas,,(11.1A/D3.SI)

    BalasHapus
  57. Masalah" setiap manusia pasti mengalami nya tapi cara menghadapi nya yg berbeda sungguh semua orang tdk ingin mempunyai masalah walau sekecil apapun masalah itu datang tapi dengan adanya masalah maka di saat itu otak kita akan bekerja, berfikir bagaimana cara menyelesaikanya hadapi lah masalah dengan sabar jangan dengan emosi karna emosi itu hanya akan menambah masalah yang baru jadi sabar, berfikir itu penting dalam menyelesaikan suatu masalah karna ALLAH tdk akan memberi masalah kepada manusia di luar batas kemampuan manusia itu sendiri.
    (Fitri/1B/semester 1/D3/SI)

    BalasHapus
  58. Menurut saya, problem merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan. Memang tak dapat disangkal bahwa keberadaannya sangat mengganggu pikiran dan perasaan. Problem juga seringkali menghambat aktifitas kita, karena pikiran kita hanya tertuju pada masalah tersebut. Akan tetapi jika problem tersebut dapat disikapi secara positif, tentunya akan dapat terselesaikan dengan baik. Dan yakinlah bahwa ada hikmah dibalik setiap masalah yang kita alami sehingga membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi.
    (Losi/026/1A-D3/SI)

    BalasHapus
  59. Menurut saya degan cara berpikir positip dan terbuka bisa juga mengatasi porblem,dan bsa jga dengan cara lain yaitu,sering dengan orang lain,seperti tukar pikiran walapun besar porblem ya tapi dengan peyampayan yang lembut dan pelan - pelan bsa membut orang laen megerti dan bsa gasih saran,sebab kta hidup didunia ini tidak hidup sendri tetapi hidup berdampingan dan bermasyarakat maupun ber sosial.(ARMINTOYONO/04/1A/DIII/SI)

    BalasHapus
  60. Bagi saya sebuah masalah adalah tantangan dalam kehidupan saya karena dari sebuah masalah itu saya dapat belajar menjalanni hidup karna dalam kehidupan kita tak kan lepas dari masalah atau problem tetapi semua tergantung kita ja lg untuk menghadapi masalah itu seperti apa dan kita harus berpikir positif karena dari masalah itu semua ada hikmahnya.

    BalasHapus
  61. apalah artinya masalah jika kita terus menghindar,apalah arti hidup apabila kita selalu menghindar dari masalah, yang perlu di garis bawahi ialah dengan cara berpikir positif dan menghadapi masalah dengan ketulusan hati dan kejujuran. Sebab di dunia ini tiada manusia yang hidup tanpa masalah. So jalani lah masalah dengan spirit agar kita dapat ke pintu ke suksesan. Because My Problem Its My Adventure..............
    (Roberto Sylvester/41/1B/DIII/SI)

    BalasHapus
  62. Setiap manusia pasti mempunyai masalah, dengan adanya masalah manusia itu dapat berpikir dan mendapat pengetahuan dari yang tidak tak tau menjadi tau dan dari yang tidak bisa menjadi bisa.

    noor imansyah(AP Pagat)

    BalasHapus
  63. sesuatu yang membuat orang berbuat apapun karena didasarkan oleh suatu masalah..baik itu masalah yang bersifat positif atau negatif,senang atau susah dan lain - lain itu merupakan masalah.tetapi semua apa yang diberikan kepada kita merupakan anugerah bagi oorang yang bersyukur.orang tidak dapat menghindari suatu masalah jika ia sendiri tidak dapat bersyukur dan lapang dada.

    dari :
    FAISAL RIZA Jurusan Administrasi Pendidikan kls Pagat UVAYA semester I

    BalasHapus
  64. memeng hidup penuh masalah

    dari; MAHDI mahasiswa BK UVAYA kls pagat BARABAI semister 1

    BalasHapus
  65. semua masalah pasti ada jalan keluarnya

    BalasHapus
  66. hidup ini tanpa problem memang kurang menarik agaknya.tapi yang paling tidak menarik adalah saat kita benar-benar tidak bisa berpikir lagi untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi ...

    Alfidah Fadila FKIP BK smster 1 kls Pagat

    BalasHapus
  67. masalah bagaikan derita yang tak pernah habisnya.. tapi kalau tidak ada masalah rasanya bagaikan kertas putih yang tak ada isinya.. ketika masalah muncul kita kita harus menghadapi dengan sabar, karena pasti ada jalannya.

    BalasHapus
  68. suatu permasalahan pasti ada jalan keluarnya,kita diberikan kesempurnaan dalam berpikir oleh sang Khalik,kemudian kita di ajarkan untuk menjadi orang yang sabar dan ikhlas,sehingga semua masalah yang diahadapi tidak akan menjadi suatu beban,tetapi menjadi tantangan bagi kita,apakah kita akan menjadi manusia yang akan mengeluh/menjawab semua masalah itu?????
    semua jawaban ada pada diri masing2.asalkan kita Ikhlas,yakin,serta sabar ....

    (Moch.Salman Hafidz/FKIP BK sm.1 UVAYA PAGAT HST)

    BalasHapus
  69. Setiap orang pasti mempunyai masalah, entah masalah ekonomi, asmara ato yg lainnya, tinggal bagaimana ia menyikapi hal tersebut.
    benar kata bapak "kalau manusia mendapat masalah selalu berkeluh kesah, maka secara tidak langsung, sama artinya ia ingin dijauhkan dari hidup cerdas". bagaimana mungkin seseorang bisa dikatakan cerdas, sedangkan saat ia ada masalah bisa'y cuma berkeluh kesah.
    suatu masalah hendaknya dihadapi dengan sikap yg menunjukkan sebuah kedewasaan, berat memang tapi itu lah kenyataan yg harus d jalani, jadikan masalah sebagai proses untuk menjadi pribadi yg tangguh dan gunakan pikiran untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    (Anita Susanti/FKIP BK smt. 3 Uvaya kls Pagat)

    BalasHapus
  70. Emang benar masalah bikin kita puyeng mpe acak acakan tou rambut,, tapi dengan masalah pula kita bisa hidup,, klu datar - datar azh yach ga asik jga khan,, nang kaya " gangan kada ba uyah zar orang Banjar " ,, baik jua ada iwak sapat karing mangawani,,heheh,,!

    Nach,, kembalikan pada diri kita azah gie ,, apa kita termasuk orang yang sabar trus berusaha tok menyelesaikan masalah tersebut,, jagan cuman sabar azah tnpa usaha yach,, ntar ga selesai tou masalah,,,

    Orang yang makin banyak punya masalah baik Keluarga, keuangan, pelajaran, n CINTA,,LL dech,, klu udah bisa diselesaikan ,, malah orang tou akan semakin kuat dalam menghadapi hidup,, ya nda,,hey

    KLU MASALAH PUTUS CINTA,, YACH GA USAH DIBUAT SUSAH ,, KLU BISA,,HEHE
    KARENA DARI SANA KITA SUDAH MENGENAL MANTAN PASANGAN KITA N KHAN LEBIH BAIK KLU JADI SAUDARA OR SAHABAT,, DARI PADA TEMEN KHAN BLUM TAU BETUL APA AZAH YANG MANTAN KITA TAU TETANG DIRI KITA,,!

    ( MUHAMMAD ASWAN / FKIP BK SMT.1 UVAYA KLAS PAGAT )

    BalasHapus
  71. Manusia hidup pasti selalu ada masalah, tapi kita harus yakin bahwa semua masalah yang ada adalah cobaan dari Allah. Sebagai orang yang beriman, kita percaya bahwa Allah tidak akan menimpakan masalah kepada umatnya melebihi dari pada kemampuan umat tersebut untuk memikulnya.

    (RAHLIANSYAH, Mahasiswa UVAYA Kls Pagat Jurusan BK Smt I)

    BalasHapus
  72. yah.... kehidupan memang sudah diatur oleh yang maha kuasa, kalau saya berpendapat "misalkan takdir itu harus begitu, kenapa kita tidak mensyukuri apa yang telah ditetapkan, mungkin itulah jalan terbaik bagi kita, dan kita tidak tahu apa dibalik semua kejadian yang sudah terjadi


    hadapilah semua... jalani pa adanya... mungkin itu lah pikiran saya....

    terimakasih
    BY: HIJRIANUR, UVAYA KELAS PAGAT SEMESTER 3. NPM 09862011432

    BalasHapus
  73. setiap masalah pasti ada jalan keluar dan pasti itu yang terbaik buat kita, kita tidak tahu hikmah dari semua kejadian, sungguh DIALAH YANG MAHA TAHU SEGALANYA

    BalasHapus
  74. Salam Pak Makmun Khairani,
    Memang masalah selalu ada namun masalah tidak bisa lepas dari suatu Keinginan, jadi untuk memecahkan suatu masalah mungkin kita harus melihat dulu sumber dari masalah tersebut, dan dan kita harus selalu ingat bahwa segala sesuatu itu datang dari Allah SWT. dan hanya kepadaNYA kita kembalikan dengan demikian segala masalah dapat kita selesaikan..INSYAALLAH.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Masalah adalah sesuatu hal yang harus diselesaikan, bukan untuk dihindari.. karena dengan menyelesaikan masalah kita bisa lebih berfikir dewasa...

    Maulidi fahmi
    Kelas A semester 1
    FKIP PGSD
    Perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  77. Kebanyakan orang menganggap masalah yang menimpa mereka adalah sebagai beban, sebenarnya masalah itu adalah suatu pelajaran untuk membuat kita menjadi lebih dewasa.
    Setiap orang pasti mempunyai masalah, tidak mungkin ada yang terlepas dari sebuah masalah. Masalah memang sering membuat kita pusing 7 keliling, tidak bisa tidur, bahkan bisa membuat gila, tetapi jika masalah itu kita hadapi dengan suasana hati yang tenang, sabar dan berfikir positif pasti semua masalah itu dapat kita hadapi dan kita selesaikan, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya dan tidak mungkin masalah itu melebihi kemampuan yang kita miliki.
    Jadi, jika kita memiliki masalah hadapilah masalah itu, jangan anda lari dari masalah. Karena masalah membuat kita menjadi lebih dewasa dan dapat berfikir cerdas.

    Dari:
    MUHAMMAD AGUNG PRATAMA – FKIP/PGSD – kelas B UVAYA Semester 1

    BalasHapus
  78. Janganlah masalah yang menimpa kita dianggap sebagai beban apalagi bencana, namun anggaplah sebagai karunia untuk meningkatkan ilmu, amal, wawasan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.
    Dalam hidup, masalah pastilah selalu ada. Namun tak ada persoalan yang tak mungkin diatasi. Dan kita sebagai manusia memegang peran kunci dalam mengatasi suatu masalah.

    Masalah adalah kesenjangan antara mimpi dan realita,setiap manusia mempunyai problem dalam kehidupannya,maka karena itu kita harus menyelesaikan masalah itu dengan cara berpikir dan mencari solusinya bukan dengan cara emosi.

    masalah harus di selesaikan jangan di biarkan begitu saja,karena apabila di tunda masalah akan bertambah dengan masalah baru,agar masalah kita sedikit berkurang dan belajar untuk bertanggung jawab dalam suatu masalah ,agar kita bisa lebih berpikir dewasa.

    “JADIKAN HARI INI LEBIH BAIK DARIPADA KEMARIN“

    NAMA : ALFIANNOR
    KELAS : 1 A (PAGI)
    JURUSAN : FKIP/PGSD
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  79. Setiap manusia pasti punya masalah ,masalah jangan dihindari tapi masalah tersebut harus bisa kita selesaikan dengan hati yang sabar dan kepala yang dingin.Masalah tidak akan habis dan selesai apabila kita menghindarinya.
    Allah tidak mungkin memberikan kita masalah yang tidak bisa kita pecahkan dan selesaikan .Allah itu maha pengasih lagi maha penyayang.
    Kalau dalam hidup kita tidak pernah ada masalah , maka kita tidak akan bisa menjadi orang yang dewasa ,tangguh , kuat dan sabar , karena masalah itu adalah pengalaman hidup. Jadi kalau ada masalah hadapilah dengan senyum dan hati tenang.
    *Keep smile :)

    HUSNUL KHATIMAH
    NIM : 11862060840
    FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI
    KELAS A (PAGI) BANJARBARU
    SEMESTER 1

    BalasHapus
  80. untuk menyelesaikan masalah kita juga harus meminta pendapat orang lain agar kita tidak terlalu tertekan oleh problem tersebut.

    selain itu, masalah-masalah yang sering kita hadapi akan membantu kita mengetahui makna dari kehidupan yang sesungguhnya.

    APRIYANDI
    1B
    FKIP-PGSD
    UVAYA Banjarbaru

    BalasHapus
  81. manusia itu pasti punya masalah.setiap masalah harus kita hadapi.jangan kita hindari.bukti Allah sayang kepada hambanya maka dia akan mmbrikan masalah yang ringan ataupun yang berat.barang siapa yang bisa menghadapi masalahnya dengan sabar,insyaAllah hidupnya pasti bahagia selalu.

    Nama :IPARIYANI
    Nim :11862060863
    FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI
    KELAS A (PAGI) BANJARBARU
    SEMESTER 1
    M.K :PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  82. Masalah masalah masalah...!!!-,-)
    masalah memang selalu ada dalam kehidupan ini. tapi sebenarnya dengan adanya masalah dapat membantu kita untuk menggerakkan otak kita supaya bisa berfikir, bagaimana memecahkan suatu masalah yang kita hadapi.
    jadi tinggal bagaimana cara kita memecahkan masalah tersebut. apakah dengan cara menggunakan otak kita untuk berfikir dewasa atau hanya dengan menggunakan emosi yang ada untuk memecahkan masalah tersebut, tanpa memikirkan resiko apa yang akan terjadi dari tindakan yang kita lakukan dengan hanya menggunakan emosi tanpa berfikir.

    jadi sebenarnya masalah itu sangat penting untuk mengembangkan kinerja otak dan pola berfikir kita agar menjadi lebih dewasa dalam menjalani hidup.
    :) :3 ^!^

    Husna ma'manah
    kelas A Semester 1
    FKIP/PGSD (UVAYA)
    Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  83. di dunia ini setiap manusia pasti punya masalah, kita sebagai manusia harus bisa menyelesaikan masalah itu, terkadang memang kita sebagai manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yg kita dapat selama ini, sehingga setiap mendapat masalah, atau problem, kita terkadang binggung, dan sering tidak memikirkan akibatnya, tetapi dengan adanya masalah itu kita akan menjadi berpikir dan akan berfokus bagaimana cara kita bisa menghadapi masalah itu, dan saat kita bisa memecahkan masalah itu, maka akan terwujud pola pikir dan realita sehingga munculnya kecerdasan dalam pola pikir kita..

    Nama : JULIANSYAH
    FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI
    KELAS A (PAGI) BANJARBARU
    SEMESTER 1

    BalasHapus
  84. problemm ... !!!
    tidak ada hidup tanpa problem
    karena problem merupakan salah satu faktor alamiah yang ada di kehidupan ,,
    tanpa problem manusia tidak akan tahu bagaimana cara berfikir tanpa problem pula tidak akan ada manusia cerdas ,
    sebagian orang mungkin banyak berfikir bahwa problem itu adalah hal yang sangat menyusahkan di kehidupan mereka , tanpa mereka sadari mereka sudah berfikir salah bahkan mereka hampir menuju ke gerbang kebodohan karena hanya orang bodoh saja yang brfikir demikian .
    maka dari itu , hadapilah masalah dengan berfikir dewasa dan positif bukan dengan cara kekerasan atau dengan hal-hal yang bisa saja merugikan orang lain .anggap lah masalah itu sebagai bumbu-bumbu kehidupan karena tanpa masalah , manusia tidak akan merasakan manis pahitnya kehidupan .
    jadi jangan pernah menganggap masalah itu suatu hal yang rumit , karena dengan masalah lah kita dapat berfikir lebih cerdas ..


    NAMA : EKA SYAFITRI
    KELAS : A (PAGI) , SEMESTER 1
    JURUSAN : FKIP/PGSD , UNIVERSITAS ACHMAD YANI (BANJARBARU)
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  85. Hidup tanpa masalah berarti tidak dapat merasakan manis pahitnya hidup.tidak ada masalah tanpa jalan keluar.hadapi masalah dengan sabar dan ikhlas.



    NAMA : HARTINI
    KELAS : B (PAGI),SEMESTER 1
    JURUSAN : FKIP/PGSD ,UNIVERSITAS ACHMAD YANI (BANJARBARU)
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  86. Bukan hidup nama nya jika tidak ada problem dan masalah,,,,,,,
    semua orang ingin hidup nya tanpa problem dan masalah tapi semua itu tidak mungkin,yang nama nya masalah pasti datang kapan saja dan di mana saja, tergantung kita sendiri bagai mana cara menghadapi nya dan menyelesai kan nya,,,,,
    ada untung dan rugi nya kita memiliki yang nama nya masalah, tanpa masalah kita tak kan pernah mau berpikir bagai mana cara menyelesai kan masalah itu sendiri,,,,,,
    jadi hadapi lah semua masalah yang kalian miliki dengan sabar jangan pernah kalian hindari masalah itu, karna itu hanya akan memperburuk keadaan, dan akan membuat cara berpikir kalian terganggu,,,,,,



    NAMA : ASHRI MURDIATI
    KELAS: B (PAGI) SEMESTER 1
    JURUSAN : FKIP/PGSD ,UNIVERSITAS ACHMAD YANI (BANJARBARU)
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  87. Problem, masalah, problem...
    Problem adalah suatu cara agar setiap manusia dapat berpikir dengan datangnya masalah tersebut untuk dapat menyelesaikannya dengan kepala dingin.

    Mungkin setiap manusia mengganggap datang problem ada masalah yang sangat besar, tetapi dengannya problem tersebut justru untuk mengetahui seberapa besarkan daya kemampuan manusia untuk berpikir dalam menyelesaikannya.

    Dan tanpa adanya problem otak manusia tidak dapat terasah kembali, sebab promblem inilah yang membuat manusia semakin cerdas.

    NAMA : Triana Dewi S.L
    JURUSAN : BK/Semester 1
    FAKULTAS : FKIP
    M.K : Perkembangan Peserta Didik
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI (BANJARBARU)

    BalasHapus
  88. Setiap manusia pasti mempunyai masalah.
    jika hidup tanpa masalah seperti sayur tanpa garam. Jadi kita semua harus menghadapi masalah itu dengan berfikiran positif agar semua masalah itu dapat diselesaikan..
    karena masalah dapat membuat kita membuat kita cerdas dan lebih dewasa.

    Annida mufidah - FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU - Semester 1

    BalasHapus
  89. Masalah atau kata keren ya PROBLEM adalah hal yang selalu berdampingan dengan hidup kita, hidup tanpa ada masalah gak mungkin, juga sebaliknya masalah tanpa berfikir. Jadi bila ada masalah, berpikirlah secara cerdas jangan dahulukan emosi. Semakin banyak kita dihampiri masalah maka otak kita akan terasah dan terbiasa tuk berfikir.

    ^ Ju'aida Ulfiana, FKIP/PGSD, kelas B pagi ^

    BalasHapus
  90. Masalah sebenarnya hadir sebagai pengingat, bahwa kalau kesalahan tersebut tidak segera di perbaiki pasti kita akan terpuruk lebih jauh lagi,maka dari itu kita di tuntut untuk bagai mana cara memecahkan masalah tanpa masalah.jadi ada kemungkinan hanya dengan masalah seseorang dapat berubah.


    NAMA : MUHAMMAD IQBAL
    KELAS : A (PAGI) , SEMESTER 1
    JURUSAN : FKIP/PGSD , UNIVERSITAS ACHMAD YANI (BANJARBARU)
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  91. lupa kelas nya pak..
    kelas B

    BalasHapus
  92. masalah memang mengganggu di kehidupan kita,semua orang pasti di bayangi dengan masalah,termasuk masalah ekonomi tentunya.
    semua orang memandang masalah ekonomi sulit dipecahkan,tapi..ada juga orang yang memecahkan masalah ekonomi tanpa berpikir sebelum dia menerima hasilnya baik atau tidak untuk di kehidupan selanjutnya.
    semua orang pasti mengatakan masalah atau problem itu beban bagi kehidupan.
    bagaimana kalau masalah tak datang dikehidupan kita,semua orang pasti tentunya tak usah berpikir repot-repot cara menghadapi masalah yang tak henti datang dikehidupan kita,dari itu orang pasti tak ingin belajar berpikir dewasa dan bijak.
    masalah itu memang sulit di pecahkan,tapi..kita harus ikhlas dan rela menghadapi masalah di kehidupan kita.
    meski,masalah itu membuat kita selalu berputus asa.

    NAMA:ANNISA
    NIM:11862060776
    KELAS:A(PAGI) SEMESTER 1
    JURUSAN:FKIP/PGSD,
    UNIVERSITAS AHMAD YANI(BANJARBARU)
    M.K:PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  93. Janganlah jadikan masalah sebagai beban dalam hidup, nasalah datang bukan untuk mempersulit kehidupan kita, tetapi untuk membuat kita sadar bahwa kita diberikan Tuhan akal dan pikiran bukan untuk disia-siakan, gunakan otak kita untuk berfikir, berfikir bagaimana cara kita untuk menyelesaikan setiap masalah yang datang.
    Jika tidak ada masalah, HIDUP BAGAIKAN SAYUR TANPA GARAM..



    .:. Angga Windy Yahya
    - Kelas A pagi, semester 1.

    BalasHapus
  94. Tidak pernah ada manusia yang terhindar dari masalah. karena kebanyakan orang menganggap masalah adalah kendala untuk meraih kesuksesan, tetapi dengan adanya masalah itu akan menjadi motivasi kita agar lebih giat dan teliti kedepannya, sukses dalam berfikir fositif, harus semangat, lakukan semua dengan ikhlas, maju terus pantang menyerah dan jangan lupa berdoa, berusaha dan cerdas berfikir kedepannya.

    NOVA FAHRINA
    FKIP-PGSD SEMESTER 1
    UVAYA BANJARBARU

    BalasHapus
  95. "MASALAH"
    setiap manusia pasti akan menghadapi suatu masalah, entah ekonomi, asmara maupun yang lainnya.
    karena bagi saya masalah itu adalah suatu cobaan yang datang dari allah SWT, masalah harus lah dihadapi dan diselesaikan bukan lari dari masalah!
    karena dengan menyelesaikan masalah kita bisa berpikir dewasa dan cerdas.
    dalam menghadapi masalah kita harus sabar dan tenang tidak lupa juga harus brdoa agar masalah yang kita hadapi cepat selesai sesuai dengan harapan kita.
    Dengan banyaknya masalah maka kita akan lebih berpikir dan dengan selalu berpikir maka kita akan jadi orang yang CERDAS.

    NAMA : UMI HALIDAH -KELAS 1 A - FKIP/PGSD

    BalasHapus
  96. Masalah ku adalah hidup ku.. setiapkali ada masalah maka di situ hidup menjadi lebih bermakna dan aku akan lebih bisa memahami perjalanan hidup yang lebih baik.. Dari masalah kita dapat belajar menjadi seseorang yang lebih dewasa & menyelesaikannya dengan cara yang benar.. Manusia di ciptakan sempurna dari mahluk lain yang di beri akal untuk berfikir, sehingga manusia diberikan masalah agar manusi mengembangkan fikiran atau akal kita untuk menyelesaikannya dengan baik & benar..
    Masalah bukanlah akhir dari cerita kehidupan, tetapi masalah adalah suatu pembelajaran hidup yang akan menjadikan kita sebagai manusia sempurna karna telah menggunakan akal atau fikiran yang diberi ALLAH S.W.T

    BalasHapus
  97. Ma'af pak Identitas saya tertinggal
    Nama : Winarni Utami
    Kelas : 1 a Pagi
    fakultas : FKIP/ S1 PGSD
    Universitas Achmad Yani (Banjarbaru)

    BalasHapus
  98. Tidak pernah ada manusia yang terhindar dari masalah.karena masalah itu pasti ada jalan keluar nya tidak mungkin Allah SWT memberikan cobaan yang begitu dahsyat kalau kita tidak bisa menyelesaikan nya . terkadang masalah yang terjadi bisa membuat kita kewalahan menghadapinya, tetapi dengan kita bisa mengendalikan nya menjadi suatu pembelajaran maka suatu masalah yang tadi nya rumit akan menjadi terselesaikan.

    ILFA RUMANSYAH
    FKIP-PGSD SEMESTER 1
    UVAYA BANJAR BARU

    BalasHapus
  99. "MASALAH" mungkin setiap orang dalam kehidupan sehari-hari mereka mendapatkan masalah setiap hari tidak mungkin kita tidak pernah mendapatkan masalah, entah itu masalah internal/eksternal dalam diri kita. Masalah adalah sesuatu yang harus kita cari jalan kaluarnya agar masalah itu tidak meluas/merugikan oarang lain. dan masalah tidak pernah selesai apabila kita lari dari masalah tersebut. Kalau masalah tersebut tidak dapat kita atasi sendiri, kita bisa berbagi dengan teman/sahabat. dan jika denagn cara seperti itu belum bisa terselesaikan mintalah pertolongan denagn ALLAH AWT (berdoa).

    nama : nadia qatronida - kelas 1A - FKIP/PGSD

    BalasHapus
  100. problem & hidup !!!

    hidup tak mungkin tak punya masalah...
    saat bangun tidur pun kita seringkali menemukan masalah,,,
    hidup tanpa masalah itu seperti sayur tanpa garam,, hambar !!!
    dengan adanya masalah itu membuat kita untuk berfikir bagaimana menyelesaikannya dengan cerdas tanpa dengan emosi.
    krn emosi bukan menyelesaikan masalah justru akan menambah masalah,
    dengan adanya problem maka otak kita dilatih untuk slalu berfikir sehingga otak kita slalu bekerja maksimal.

    NAMA : HEPPY NURJANNAH
    KELAS : A (PAGI)BANJARBARU SEMESTER :1
    FKIP /PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI (banjarbaru)
    m.k : perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  101. hidup tanpa masalah,bagai sayur tanpa garam.,.yg hambaaaaarrr nya minta ampun..
    masalah itu harus dihadapi dengan ketenangan dan kesabaran..menurut saya masalah adalah suatu ujian hidup dari Yang Maha Kuasa,agar kita lebih bisa menghargai setiap kesuksesan,agar tak menimbulkan masalah.. permasalahan yang terjadi di individu pasti bermacam-macam,tak ada individu yang hidup nya tentram damai tanpa masalah,,masalah mengajarkan kita agar bisa dewasa lagi menjalani hidup,dan merupakan teguran dari Tuhan agar kita jangan mengulangi kesalahan tersebut sampai menimbulkan masalah. masalah melatih daya pikir kita untuk dapat memecahkan nya.pikiran kita akan terus berputar untuk dapatkan solusi masalah tersebut. terkadang ada orang yang putus asa,itu hanya bagi orang yang tak memfungsikan daya pikir nya untuk berpikir memecahkan masalah,makanya selalu memakai cara "BODOH" untuk mengakhirinya.

    seperti saya katakan tadi,TAK ADA MASALAH TANPA SOLUSI,,semua masalah pasti ada solusi jika kita mau berpikir,bersabar dan tenang. jadi,menurut saya intinya adalah jika menghadapi suatu masalah di perlukan kesabaran,ketenangan dan berusaha mencari solusi nya.

    nama : Karunia Tri Wulansari
    kelas : 1 A (pagi) FKIP PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  102. Semua manusia yang hidup didunia ini pasti selalu berhadapan dengan masalah....masalah....dan masalah. masalah itu datang untuk menguji diri kita, apakah kita bisa memecahkan masalah itu/tidak???
    orang yang bisa menyelesaikan suatu masalah itu akan membuat dirinya menjadi dewasa. Dewasa dalam berpikir dan melakukan suatu tindakan .

    nama : sri purwaningsih - kelas 1 A - FKIP/PGSD

    BalasHapus
  103. Perjalanan hidup di dunia ini tak akan pernah lepas dari yang namanya problem
    (masalah).Kita sebagai makhluk yang dikaruniai dengan akal seharusnya dapat berfikir jernih dalam menyikapi suatu problem.Melalui berfikir tanpa disertai dengan emosi berlebihan , kita dapat melakukan suatu tindakan yang terarah serta dapat di jadikan stimulans atau dorongan bagi diri sendiri untuk melatih dan mengembangkan kerja otak agar terbiasa melakukan fungsinya secara efektif dan efisien . Sehingga lama-kelamaan akan tercipta cara berfikir intuitif (kemampuan untuk mendapatkan persepsi tentang segala hal dengan cara cepat atau seketika) dan kecerdasan pun akan meningkat.
    Oleh karena itu hadapilah problem dengan cara yang positif meski seberat apapun itu.Sesungguhnya problem itu dapat menambah pengalaman dan pengetahuan bagi orang yang kreatif. JANGAN JADIKAN MASALAH SEBAGAI MUSIBAH, TAPI JADIKANLAH MASALAH SEBAGAI BERKAH

    Dari :
    Widi Riyanti - IB
    FKIP/PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI
    (BANJARBARU)

    BalasHapus
  104. Tiada hidup tanpa masalah,,setiap manusia mempunyai masalah dari hal yang kecil sampai hal besar,dn setiap masalah selalu ada jalan keluar nya,tuhan tak pernah memberikan seseorang masalah di luar batas kemampuannya namun kita tidak tau kapan masalah itu akan selesai,kita harus menghadapinya dengan sabar,tawakal juga dengan usaha agar masalah itu cepat teratasi karena di setiap masalah pasti ada hikmahnya untuk kita..

    Nama:Anita dewi
    kelas:1A pagi
    jur/fak: FKIP/PGSD
    UNIVERSITAS:AHMAD YANI (Banjarbaru)

    BalasHapus
  105. Setiap individu mempunyai masalahnya masing-masing,baik itu masalah yang terbesar sampai yang terkecil sekalipun,tinggal bagaimana caranya seseorang dapat mengatasinya secara bijaksana.Jika seseorang dihadapkan pada masalah yang sulit maka hadapilah dengan kepala dingin untuk mencari jalan keluarnya,karena jika seseorang tidak mencari solusi dari masalah yang ia hadapi maka seorang individu tidak akan dapat berkembang.Sehingga cara berfikirnya tidak terasah dan tingkat kecerdasannya semakin menurun.

    Nama:Hj. Azizah Kelas: 1 A -FKIP/PGSD

    BalasHapus
  106. memang benar dengan ada nya masalah, kita akan berfikir lain hal nya dengan orang orang yang malas berfikir. mereka hanya berfikir dengan emosi nya. untuk memecahkan suatu masalah.dan memang benar jika semakin sering menggunakan otak untuk memecahkan suatu masalah, maka tidak hanya kecerdasan yang kita dapat tapi otak kita akan semakin berkembang.
    jadi hadapi lah masalah sebesar apa pun , karena dengan itu kita dapat mempelajari makna hidup sesungguhnya.


    Riska Trisnawati
    kls B/pGsD
    Universitas Achmad Yani

    BalasHapus
  107. di kehidupan kita sering kali menemukan masalah.
    setiap masalah harus di selesai kan dgn bersabar dan berfikir bagaimana untuk mencari solusinya, dgn ada nya kita brfikir maka otak kita terlatih.

    nama : dian tresnawati
    kelas : 1 A ( pagi)
    FKIP / PGSD universitas achmad yani banjarbaru
    m.k : perkembngan peserta didik

    BalasHapus
  108. hidup memang sulit, masalah demi masalah pasti kan selang berdatangan. berfikirlah dengan kepala dingin jangn selalu menggunakan emosi bila menghadapi masalah, karena itu hanya akan menambah masalah-masalah lainnya. dan belajar lah dari masalah yang kita dapat bukan malah menghindar.


    Riska trisnawati
    pgsd
    1b
    universitas achmad yani

    BalasHapus
  109. memang setiap masalah itu terasa sangat berat dan sulit untuk kita hadapi.maka apabila setiap masalah janganlah kita hindari bahkan kita hiraukan begitu saja,masalah itu adalah suatu cobaan untuk kita agar lebih bisa mengintropeksi diri dan bisa menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

    saya yakin ALLAH SWT tidak mungkin memberi cobaan di luar batas kemempuan kita,karena setip cobaan pasti ada jalan keluarnya dan pasti ada hikmahnya.
    karena roda kehidupan manusia s'lalu berputar

    NAMA : HARYANI
    KELAS: 1 A PAGI
    M.K : PERKEM.PESERTA DIDIK
    FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  110. Suatu hal yang pasti tidak akan luput dari keseharian kita adalah yang disebut masalah atau persoalan hidup, dimanapun, kapanpun, apapun dan dengan siapapun, semuanya adalah potensi masalah. Berbagai persoalan dan permasalahan hidup yang kita hadapi dalam kehidupan kita terkadang membuat kita pusing, bingung, putus asa, kehilangan semangat hidup,lelah, bete, dan berbagai hal negatif lainnya yang tidak menyenangkan untuk dijalani dalam hidup yang singkat ini. Namun andaikata kita cermati dengan seksama ternyata dengan persoalan yang persis sama, sikap orangpun berbeda-beda, ada yang begitu panik, goyah, kalut, stress tapi ada pula yang menghadapinya dengan begitu mantap, tenang atau bahkan malah menikmatinya.
    Berarti masalah atau persoalan yang sesungguhnya bukan terletak pada persoalannya melainkan pada sikap terhadap persoalan tersebut. Oleh karena itu siapapun yang ingin menikmati hidup ini dengan baik, benar, indah dan bahagia adalah mutlak harus terus-menerus meningkatkan ilmu dan keterampilan dirinya dalam menghadapi aneka persoalan yang pasti akan terus meningkat kuantitas dan kualitasnya seiring dengan pertambahan umur, tuntutan, harapan, kebutuhan, cita-cita dan tanggung jawab.
    Kelalaian kita dalam menyadari pentingnya bersungguh-sungguh mencari ilmu tentang cara menghadapi hidup ini dan kemalasan kita dalam melatih dan mengevaluasi ketrampilan kita dalam menghadapi persoalan hidup berarti akan membuat hidup ini hanya perpindahan kesengsaraan, penderitaan, kepahitan dan tentu saja kehinaan yang bertubi-tubi.
    Janganlah masalah yang menimpa kita dianggap sebagai beban apalagi bencana, namun anggaplah sebagai karunia untuk meningkatkan ilmu, amal, wawasan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.


    Nama : Nurul Hikmah
    Kelas : IA Pagi
    M.K : Perkembangan Peserta Didik
    FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU 2011

    BalasHapus
  111. Setiap manusia tak terhindar dari yang namanya masalah, Allah SWT berfirman dalam surah al baqarah yang artinya : "Allah tidak membebani setiap jiwa manusia(dengan masalah) malampaui batas kemampuannya".
    Dengan kata lain, dengan kemampuan(kecerdasan) yang kita miliki kita pasti bisa menyelesaikan masalah tersebut.
    karena dengan menyelesaikan masalah dapat membuat kita menjadi lebih baik, karna "masalah"lah yang membuat kita berfikir, membuat otak semakin terasah
    Untuk menyelesaikan masalah, kita memerlukan upaya penyelesaian, dimana kita akan mencari solusi dari masalah yang dihadapi.



    Nama:ZAINAL AQLI
    Kelas:1a pagi
    M.K:Pengembangan Peserta Didik
    FKIP/PGSD UVAYA (BANJARBARU)

    BalasHapus
  112. Rabiatul mengatakan....
    Hidup tanpa masalah kaganya gak mungkin dech...Semua mau manusia pasti memiliki masalah. Masalah dalam hidup harus memang harus diatasi. Walaupun tidak menyenangkan, adanya masalah dalam kehidupan ini, bila kita simak
    hikmah yang tersembunyi di dalamnya. Dan mau serta harus mampu "menerima" realita, bagaimanapun pahitnya realita itu. Sering kali kalau manusia mendapat masalah selalu berkeluh kesah, Setiap manusia pasti berbeda-beda dalam menghadapi masalah yang menimpanya. Dalam mengatasi masalah tergantu dari orang yang mendapat masalah tersebut. Dalam mengatasi masalah sebaiknya dihadapi dengan kepala dingin, karena apabila mengatasi masalah dalam keadaan yang emosi masalah tersebut tidak akan selesai, masalah yang lain pasti bermunculan.
    Ingat Allah tidak akan memberikan suatu masalah/ cobaan kepada hambanya melampaui batas kemampuan hambanya tersebut.
    Dengan adanya masalah tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk berpikir untuk mengatasi masalah tersebut.Serta secara tidak langsung kemampuan otak kita akan terasah dalam menyelesaikan masalah tersebut. Jadi dalam mengatsi masalah tergantung dari orang yang mendapat masalah tersebut. Dan ingat dalam mengatasi masalah sebaiknya dengan kepala dingin sehingga kita dapat berpikir secara jernih serta fungsi otak dapat berjalan secara normal


    Nama : Rabiatul Adawiah
    Kelas : 1 a Pagi
    Fakultas : FKIP/ S1 PGSD
    Universitas Achmad Yani (Banjarbaru)

    BalasHapus
  113. semua manusia pasti memiliki masalah masing-masing, karena masalah adalah cobaan dari Allah untuk setiap manusia tapi kita harus berpikir dengan baik untuk mengatasi semua masalah agar teratasi dengan baik, bukannya kita lari dari masalah atau menghindari masalah apalagi samapi ikut-ikutan menjadi orang yang nakal. Itu bukan mengatasi masalah namanya malah menambah masalah, belum lagi dengan masalah yang lain. Woow... bisa pecah kepala. apalagi orang tua kita bisa ikut kena masalah kita. apa gak kasihan tuh?? seharusnya kita berdoa kepadaNya agar diberi kemudahan unutk mengatasi semua masalah yang ada. dengan masalah kita dapat berpikir cerdas kalau kita menanggapi masalah dengan baik bukan dengan emosi kita dan orang tua kita tidak merasakan masalah yang kita alami.

    Nama : NormalaSari
    Kelas : 1 B Pagi
    Fakultas : FKIP/ S1 PGSD
    Universitas Achmad Yani (Banjarbaru)

    BalasHapus
  114. Tiap manusia pasti akan mendapatkan suatu masalah seperti masalah ekonomi,masalah polik,dan masalah lainnya. Dan dalam kehidupan saya,masalah adalah ujian atau cobaan yang di berikan Allah SWT.Agar manusia dalam menghadapi suatu masalah dengan ikhlas,tabah,berpikir secara dewasa.

    Maka dari itu kita bersyukur dengan adanya masalah kita bisa menjadi orang yang cerdas dan bisa berpikir secara dewasa .


    NAMA : SUSIANI
    KELAS : A (PAGI)
    SEMESTER: 1
    JURUSAN : FKIP/ PGSD,UNIVERSITAS ACHMAD YANI

    BalasHapus
  115. seiap orang pasti akan mendapatkan suatu masalah, tetapi dengan adanya suatu masalah akan membuat seseorang bisa berpikir lebih dewasa dan disetiap masalah-masalah yang datang pasti ada hikmahnya.

    NAMA : LINAWATI
    KELAS :A (PAGI)
    SEMESTER: 1
    JURUSAN : FKIP/ PGSD,UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    Mata Kuliah "PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK"

    BalasHapus
  116. Tiap orang pasti punya masalah. tetapi tiap masalah pasti ada jalan keluarnya. tuhan tidak akan memberikan cobaan atau masalah diluar batas kemampuan hambanya. mungkin dengan adanya masalah akan menjadikan seseorang menjadi lebih dewasa dan lebih baik dalam berfikir. karena suatu masalah tidak untuk dihindari tetapi untuk dihadapi dan diselesaikan. kadang dengan datangnya masalah banyak orang berputus asa dan jadikan masalah itu sebagai beban mereka. padahal dengan adanya masalah kita dapat menguji otak kita sampai dmn dapat berfikir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    Nama: Dewi lestari
    kelas : 1A Pagi fkip PGSD
    Mata kul: Perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  117. Setelah saya membaca uraian bapak di atas, saya yakin bahwa setiap orang pasti menganggap masalah adalah suatu hal yang telah menjadi beban dalam menjalani kehidupan di dunia ini.Tapi setelah ini, mereka yakin pula bahwa setiap masalah yang kita pecahkan akan membuat kita bisa semakin cerdas.
    Setiap masalah memang di anggap kebanyakan orang sebagai suatu beban dalam menjalani kehidupan, akan tetapi sesuatu yang di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa pasti ada manfaatnya dan hikmahnya, begitu juga dengan masalah. Karena pada dasarnya, masalah memang bisa membuat kita cerdas dan bisa membuat kita semakin dewasa,tinggal bagaimana kita menghadapi,menerima serta belajar dari masalah yang sedang kita hadapi agar masalah tersebut tidak terulang untuk yang kedua kalinya.
    Masalah ada untuk di pecahkan, bukan sebaliknya yang malah bisa mempersulit masalah itu sendiri untuk di selesaikan.Memang benar masalah diselesaikan bukan semudah kita membalikkan telapak tangan, dan satu masalah yang kita selesaikan pasti setelah itu ada masalah-masalah lain yang sedang menunggu.Akan tetapi, sebanyak-banyaknya masalah yang telah kita selesaikan, setajam itu pula otak kita telah terasah karena kita selalu di tuntut untuk memecahkan masalah yang kita hadapi tersebut.
    Jadi yakinlah, bahwa setip masalah pasti ada jalan keluarnya dan sebaiknya harus kita selesaikan dengan hati yang lapang,sabar dan tawakal.

    NAMA : EVA NOOR ASWARINI
    KELAS: A (PAGI)SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  118. Semua manusia yang hidup pasti sering mengalami masalah.Terkadang ada manusia yang mencari jalan keluar atau menyelesaikan masalahnya dengan cara berfikir sehingga masalahnya selesai dengan baik,tetapi ada juga manusia yang menyelesaikan masalahnya dengan cara emosi sehingga masalahnya bukannya selesai malah menjadi rumit.Sesungguhnya Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan kepada hambanya apabila tidak dapat menyelesaikan,Allah SWT maha mengetahui.Bersyukur dan bersabarlah apabila mendapatkan masalah karena itu semua berarti Allah SWT telah menguji sebatas mana kesabaran kita.Apabila kita mendapat masalah,cobalah berfikir bagaimana cara menyelesaikan dengan baik.Janganlah mudah putus asa sebelum mencoba untuk berusaha menyelesaikannya,berfikirlah lebih dewasa dalam menghadapi setiap masalah,bersabar dan mohonlah petunjuk kepada Allah SWT agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik..


    NAMA:NOOR HAMIDAH
    NIM:11862060867
    KELAS:A(PAGI)
    SEMESTER:1
    FAK:FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU
    M.K:PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  119. "Setiap manusia pasti punya masalah sebenarnya masalah didunia ini menurut saya memiliki tujuan fungsi tersendiri untuk kehidupan manusia,yaitu untuk menjaga kehidupan agar tetap aktif dan berfikir kreatif agar dapat melangkah maju menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya,hanya tergantung bagai mana manusia tersebut menyikapi setiap masalah yang datang.Setiap kejadian ataupun peristiwa jika di sikapi dgn cara yang berbeda maka akan menghasilkan respon atau tindakan yang berbeda,dan dengan adanya respon atau tindakan yang berbeda maka akan menghasilkan hasil yang berbeda pula.. *Setiap masalah yang datang akan membawa kemajuan pada perkembangan ,pada hakekatnya dengan adanya masalah membuat kehidupan kita mnjadi indah untuk di syukuri.



    Nama: siti halimah
    kelas : 1A Pagi fkip PGSD
    Mata kul: Perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  120. Hidup dan masalah memang tak dapat di piasahkan, bagaikan gula dan semut. Kalau di dunia ini tanpa masalah bukan hidup namanya. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Tinggal bagaimana saja kita menghadapi masalah tersebut. Seandainya kita tanpa masalah kita tidak mempunyai pengalaman hidup. keep smile. . .hadapi masalah dengan fikiran yang tenang.

    Nama : Firda farida
    Kelas : A (pagi) semester 1
    Fak : FKIP/PGSD UVAYA BJB
    M.K : Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  121. Hidup memang tak mungkin lepas dari masalah karena jika harapan atau keinginan tidak sesuai dengan kenyataan, maka akan muncul masalah. Banyak orang yang berpikir logis dalam memecahkan masalah, namun ada juga yang hanya menggunakan emosi. Orang yang berpikir logis cenderung mudah memecahkan masalah karena orang tersebut menganalisa apa dan kenapa masalah terjadi sehingga dapat mencari jalan keluar. Sebaliknya, orang yang menggunakan emosi bukannya memecahkan tetapi akan mendatangkan masalah baru.

    Nama : Sarwani
    Kelas : A Pagi
    Semester : 1
    Fakultas : FKIP / S1 PGSD
    Kampus : Universitas Achmad Yani Banjarbaru
    Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  122. Masalah,masalah,masalah.....
    masalah memang tidak pernah terlepas dari kehidupan kita.Masalah memang selalu datang silih berganti , tapi dari masalah itulah kita dapat belajar untuk berpikir dan bertindak lebih dewasa agar masalah itu tidak terulang lagi.
    Menurut saya, masalah adalah salah satu guru yang bisa membuat kita lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak."Masalah datang bukan untuk di hindari, tapi masalah datang untuk di selesaikan"tetap semangat dan senyum selalu...:)

    NAMA : FITRIANI LATIFAH
    KELAS : A (PAGI)SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  123. setiap orang pasti menemukan masalah, seandainya kita menemukan masalah kita harus bersabar dan berfikir dengan kepala dingin jangan menggunakan emosi seandainya kita menghadapi masalah dan masalah itu harus dihadapi jangan dihindari.

    Nama : Nor Ashlah
    Kelas : A Pagi
    Semester : 1
    Fakultas : FKIP/ S1 PGSD
    Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  125. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  126. semua pasti tau kalau tidak ada orang yang tidak punya masalah,,baik masalah besar ataupun kecil
    kebanyakan masalah sering kali membuat kita pusing,,saya setuju bahwasanya masalah itu kita selesaikan dengan cara berpikir,baik itu berpikir positif,yakinkan lah diri kita bisa melalui masalah itu..jangan anggap masalah itu beban yang amat berat dan jangan pula kita gunakan emosi dalam memecahkan suatu masalah.


    NAMA:RIZKY YULINDA SARI
    SEMESTER/KELAS:1/B
    FKIP/PGSD
    UVAYA BJB

    BalasHapus
  127. seseorang yang hidup pasti memliki problem, karena tidak ada orang yang tidak memiliki problem dalam hidup sesorang,,, pada saat kita mendapat sebuah problem pasti pikiran akan langsung stres dan kadang kita tidak bisa berpikir jernih dan akan langsung menggunakan emosi dalam bertindak. Untuk mengatasi problem itu kita bisa mencari jalan keluar untuk masalah yang sedang kita hadapi karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya karena dengan berpikir orang akan menjadi semakin cerdas....
    jika kita belum mendapatkan jalan keluar yang tepat, kita bisa menceritakan problem yang sedang kita hadapi kepada sahabat atau keluarga sehingga kita bisa sedikit mengurangi beban yang ada pada diri kita dan pikiran akan lebih tenang..


    nama:siti rohana
    kelas:1B pagi
    jur/fak:FKIP/PGSD
    universitas ahmad yani banjarbaru

    BalasHapus
  128. hidup itu memang tak lepas dari sebuah masalah,karna tanpa problem kita tidak akan pernah arti kehidupan yg sesungguhnya,tapi ketika masalah itu kita kembalikan sama yang diatas maka sedikit demi sedikit kita akan ikhlas menjalani masalah itu.intiya tinggal kita aja yg menyikapi masalah itu dari sendiridan bagaimana menyelesaikan dgn mencari jalan keluar terbaik.

    Nama :Renita
    kelas :1 B PAGI
    Fak/jur:FKIP/PGSD

    BalasHapus
  129. diyah mengatakan...
    iya yang namanya manusia hidup pasti mempunyai problem.padahal tuhan memberikan kita kecerdasan untuk berfikir tetapi kenapa kalau kita ada masalah selalu mengeluh dan seakan-akan sangat membebankan buat kita ,padahal sebenarnya kita bisa menyelesaikan masalah tersebut.
    apakah karena kita malas berfikir????

    nama:diyah ariyani
    fak/jur:FKIP BK
    semester 1
    universitas ahmad yani banjarbaru

    BalasHapus
  130. problem ...
    emang benar dalam kehidupan pasti ada memepunyai problem,baik diri sendiri atau pun orang lain,karena masalah akan selalu muncul dan di hadapi,maka karena itu kita di beri pikiran oleh allah SWT untuk berpikir,agar bisa mencari jalan keluar dari suatu masalah.

    jadi ,Janganlah masalah di anggap beban bagi kehidupan kita ,karena kita bisa menyelesikannya dengan cara berpikir dan bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi atau menuju kedewasaan.


    NAMA :ABDURRAHMAN
    KELAS :1 A ( PAGI )
    FAK/JUR : FKIP/PGSD
    SEMESTER: 1
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  131. menurut saya,
    saya setuju dengan tulisan ini. dalam mengatasi masalah kita harus berfikir dengan cerdas. masalah menurut saya adalah ujian yang diberikan dari sang pencipta kepada kita sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. dalam mengatasi masalah kita harus berfikir dengan benar (positive thinking) dan yakin kalau kita bisa mengatasi permasalahan yang kita hadapi. selain itu, kita juga harus tetap berada di jalur yang benar dalam mengatasi permasalahan yang kita hadapi.

    dari ,
    nama : septy eka nurrahmi
    fak/jur : fkip / pgsd
    kelas : 1B
    semester : 1
    universitas achmad yani banjarbaru

    BalasHapus
  132. setiap orang memiliki masalah , dari masalah itu kita belajar menjadi dewasa, setiap masalah pasti ada jalan keluar nya,jangan pernah putus asa dalam menghadapi masalah yang dihadapi,dan dibalik masalah itu pasti ada hikmah nya.


    NAMA : ERLITA HAFIZA
    KELAS : A (PAGI) SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD UVAYA BJB
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  133. masalah memang salah satu beban hidup...tak ada manusia yang hidup tanpa masalah..sekecil dan sebesar apapun masalah itu harus kita hadapi dengan pikiran dingin dan meminta Allah agar masalah itu bisa selesai dengan baik...


    NAMA: RENI ASIH
    KELAS: I/B
    FAK: FKIP/PGSD UVAYA BJB

    BalasHapus
  134. Seseorang yang hidup didunia ini pasti mendapatkan masalah.Masalah yang dihadapi setiap individu berbeda-beda terkadang kita dalam menerima satu masalah rasanya sangat sulit untuk menyelesaikannya.Maka dari itu kita hendakNya berdo'a kepada ALLAH SWT untuk diberikan kemudahan dalam menyelesaikan masalah tersebut.Jadi,kita harus bersabar dalam menerima masalah tersebut.


    Nama:SRI HARTINI
    Nim:11862060922
    Kelas:1A pagi
    FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K:Perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  135. masalah...masalah....dan masalah....
    permasalahan yang kita hadapi terkadang ada yang berat dan ada yang ringan karna masalah itu kita jadi sering memikirkanya dan kita pasti selalu berfikir bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara kita sendiri..

    NAMA: KHOIRINNISA
    KELAS: I/B
    FAK: FKIP/PGSD UVAYA BJB

    BalasHapus
  136. Sebesar apapun masalah hidup, yang kita hadapi hendaklah bersabar, karena jika kita bersabar lambat lain masalah itu akan terselesaikan dengan sendirinya, jika kita mau mengatasinya. Dan kita wajib berpilir positif akan masalah yang kita hadapi, karena tuhan tidak akan memberikan cobaan diuar batas kemampuan umatnya.

    Nama:Waqi’ah
    Nim:11862060739
    Kelas:B ( pagi) Semester 1
    FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K:Perkembangan peserta didik

    BalasHapus
  137. baru saya pahami bahwa setiap masalah itu tidak bisa diselesaikan dengan Emosi, karena Emosi tidak dapat menyelesaikan masalah. Dalam penjelaskan yang bapa tul;is ini saya mulai membuka pikiran saya, bahwa suatu masalh itu bukan untuk di hindari tapi untuk dihadapi agar timbul pemikiran bahwa setiap masalah itu pasti ada jalan keluar nya.
    Terimakasih pak penjelasan bapa ini menjadi MOtivasi dalam kehidupan saya adar menjadi lebih baik lagi...!
    By : Mety Hepriana (kelas :1B Pagi uvaya 1 Bjb )
    Nim :11862060924

    BalasHapus
  138. Setiap manusia tak luput dari masalah. masalah hanya dapat di atasi dengan jiwa dan pikiran yang tenang. tanpa ketenangan masalah itu tak akan bisa terselesaikan. masalah akan menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita yang akan datang tergantung bagaimana cara kita masing-masing mengatasi masalah tersebut. seberat apa pun masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Allah memberi kita masalah sebagai tanda bahwa Allah sayang pada kita. masalah itu pun dapat manjadi motivasi bagi kita untukmenjalani kehidupan di masa yang akan datang. tanpa masalah hidup tak akan indah.....

    Nama :Iklimah
    Kelas :1B (pagi)
    NIM :11862060865
    Fakultas / Prodi : FKIP / PGSD Uvaya banjarbaru

    BalasHapus
  139. hidup tak akan berwarna tanpa suatu problem. tak ada hitam bila putih tak datang. takkan ada yang namanya sedih bila senang tiada bersama, begitu juga sebaliknya. masalah itu hadir karena ia harus bertanda tanyakan "mengapa" dan dijawab dengan "karena" atau "sebab". problem bukan untuk disalahkan, bukan untuk dijauhi atau bahkan dibenci dalam satu sudut pandang namun untuk dipecahkan dalam berbagai sudut pandang mata hati kita. ALLAH SWT. , memberikan suatu cobaan bukan untuk menyakiti hamba-Nya namun untuk menaikkan lagi derajat hamba-Nya tersebut diatas setelah posisi hamba-Nya sebelum mendapatkan ujian. seperti halnya seorang siswa atau mahasiswa yang harus menghadapi ujian dari guru atau dosen bahkan pengajar lain untuk menaikkan lagi kelasnya. thanks buat Drs.H.Makmun Khairani atas tambahan inspirasi dalam menghadapi suatu problem dengan cara berpikir cerdas.

    Nama : Faozu Rohmah
    Kelas : B (pagi)
    Semester : 1
    NIM : 11862060775
    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Kampus : Universitas Achmad Yani Banjarmasin (kampus 2 Banjarbaru)

    BalasHapus
  140. Setiap manusia menyikapi suatu permasalahan ada 2 tipe berpikir positif dan negatif terhadap masalah.Permasalahan itu jika dikaitkan dengan agama suatu permasalahan tidak akan diberikan kepada seseorang jika orang tersebut tidak bisa memikulnya.Karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.Dikaitkan dengan orang yang mempunyai tipe berpikir positif terhadap masalah dia akan mencari jalan keluar untuk memecahkan suatu persoalan dan masalah yang berat atau besar akan dibuat sekecil mungkin agar masalah tersebut tak nampak dirasakan walaupun kenyataan masalah itu sendiri tanpa membebani pikiran.Jika orang yang memiliki tipe berpikir negatif terhadap masalah dia akan kewalahan baik itu fisik maupun pikirannya karena seseorang yang memiliki tipe ini akan selalu menganggap masalah itu merupakan suatu beban yang amat rumit sehingga setiap kali ada masalah dipastikan mengalami yang namanya Setres yang berlebihan,oleh karena itu.Problem yang amat berperan penting dalam menentukan kecerdasan seseorang adalah bagaimana dia bisa menyikapi suatu permasalahan dengan bijak dan rasional.
    Intinya “ Semua masalah pasti ada jalan keluarnya.... “

    Nama : M.Rian.Hidayat
    Kelas : A (PAGI)
    Semester : 1
    Fakultas : FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K : Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  141. Nur arif mengatakan....


    setiap masalah membuat kita menderita,karena ada beban pikiran, dan berkepanjangan.
    tapi jika masalah itu didekati dan berpikir secara logika, kemungkinan permasalahan itu selesai.dari masalh itu kita bisa bljar dan membuat kita dewasa dlm bertindak secara tepat.

    Nama:Nur ARIF Setyawan
    Kelas:1A Pagi
    Fakultas:FKIP/PGSD S1

    BalasHapus
  142. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  143. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  144. Setiap manusia pasti pernah dapat masalah baik masalah yang berat atau yang ringan??? masalah itu ibarat suatu pelengkap hidup kita,tanpa suatu masalah tak akan lengkap hidup kita??yakinlah itu....

    ketika kita dapat suatu masalah yang perlu kita miliki cuma * ketenangan, * selalu berpikir positif, * hadapi dengan sabar, karena setiap masalah itu sudah pasti jalan keluarnya ?? Dari masalah itulah kita dapat menjadi seseorang yang jauh lebih baik dari sebelumnya....

    Nama : Rahmad Hidayat
    Kelas : 1A(pagi)
    Semester : 1
    Fak/Jur : FKIP/PGSD
    Tempat Kuliah : Banjarbaru
    Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik(PPD)

    Universitas Achmad Yani Banjarmasin

    BalasHapus
  145. menurut saya semua orang pasti punya masalah ,kita tidak bisa lari dari masalah karena dari masalah itu sendiri kita bisa mengambil hikmah nya ,semua masalah harus di hadapi bukan untuk di hindari dan semua masalah pasti ada jalan keluarnya.
    Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan kita.


    Nama:Novi Ariani
    Kelas: 1B(pagi)
    Fak/jur:FKIP/PGSD
    Universitas Achmad Yani Banjarmasin

    BalasHapus
  146. menurut saya,manusia itu pasti tak pernah luput dari yang namanya masalah.Dan masalah itu harus di hadapi dengan fikiran yang jernih bukan untuk di hindari. sesungguhnya,Allah mendatangkan masalah kepada kita agar kita senantiasa ingat dan dekat kepadaNYA.

    nama ;Nurul Qamariah
    kelas;1B(pagi)
    fak/jur;FKIP/PGSD
    Universitas Achmad Yani Banjarmasin

    BalasHapus
  147. Dalam kehidupan, seseorang selalu punya masalah. yang membedakan nya antara yang satu dengan yang lain nya adalah skala masalah kecil atau besar nya...dan yang paling penting adalah respon orang tersebut yang menganggap masalah tersebut dalam skal kecil atau besar. kalau orang tersebut menganggap masalah itu kecil, maka dia akan bisa dengan mudah mengatasi masalah tersebut, demikian sebaliknya. pemecahan masalah nya yaitu dengan berfikir. Berfikir positif dan optimis, kemudian pikiran itu dituangkan di dalam ide..dan ide tersebut harus dilaksanakan ke dalam tindakan konkret. kemudian sebagai makhluk yang beragama kita di wajibkan juga untuk berdoa ke pada Tuhan. itulah saya kira poin penting dari Problem, berfikir dan cerdas...

    Nama : M. Subhansyah Mastapian
    kelas : A Pagi
    semester : I
    Fak / Jur : FKIP / PGSD
    UVAYA Banjarbaru

    BalasHapus
  148. memang dalam hidup tak lepas dari masalah baik masalah pribadi ataupun masalah dalam rumah tangga.untuk mengatasi nya kita harus dengan kepala dingin agar masalah dapat dengan mudah terselesaikan ingat setiap masalah tentu ada jalan keluar nya,jadi tidak perlu berputusasa bila sedang mengalami masalah yang mungkin terasa berat dan menyakitkan.


    NAMA:ANSHORI
    KELAS:A/1(PAGI)FKIP/PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  149. masalah tak pernah lepas dari kehidupan kita sejak kita lahir sampai berjalannya waktu tentu takpernah lepas dari yang namanya masalah.
    dalam penyelesaian masalah bisa kita selesaikan dengan cara berbagi pada orang lain atau bisa disebut dengan curhat setidaknya masalah kita dapat sedikit teratasi.Tentunya bila mendapatkan suatu masalah kita harus sabar menghadapinya karna masalah pasti bisa terselesaikan.

    Nama :Dewi paramita sari
    Kelas :1/B (pagi)
    FAK/JUR:FKIP/PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  150. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  151. Setiap manusia tidak bisa menghindar dari permasalahan-permasalahan hidup, karena permasalahan-permasalahan itu selalu datang dan bagian dari musibah atau ujian dari Allah SWT kepada orang yang beriman, maka manusia diminta untuk berfikir atau merenungi apa hikmah atau pelajaran dibalik permasalahan yang menimpa dirinya, sambil diminta mengambil hikmah-hikmah itu sebanyak-banyaknya, kemudain berfikir untuk mencari solusi dan memperbaikinya dimasa yang akan datang, dengan selalu berusaha gbertawakkal kepada Allah SWT. hadapi masalah dengan senyuman.

    Nama : Maulida Khatimah
    Kelas :1/B (pagi)
    FAK/JUR : FKIP/PGSD

    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  152. Setiap manusia yang hidup di dunia pasti mempunyai suatu masalah.Tetapi itu semua tergantung bagaimana cara kita untuk memecahkan suatu masalah tersebut dengan solusi yang terbaik dan selalu berpikir positif.Satu hal yang harus kita hindari yaitu jangan mengeluh dengan masalah yang kita hadapi karena setiap masalah pasti ada solusinya dan harus kita ketahui bahwasanya tidak ada masalah yang tidak dapat di selesaikan.Karena Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan kita.Oleh karena itu, kita harus hadapi suatu masalah dengan berpikir positif agar kita menjadi orang-orang yang cerdas dalam berpikir.


    NAMA : SITI HUSNUL KHOTIMAH
    KELAS : A (PAGI) SEMESTER 1 UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  153. Dalam kehidupan yang ada, kita selalu di kaitkan dengan "masalah/problem".Setiap masalah dapat berujung dengan dampak yang tidak baik.Namun, itu semua tergantung bagaimana cara kita menyikapinya.Ketika ada masalah, hindarilah sikap emisional yang selalu mencuap tinggi di uar kesadaran kita. Sikap sabar dan berpikir positif lah yang harus kita jalankan aga masalah dapat terselesaikan dengan baik. Kebanyakan orang menganggap bahwa masalah adalah suatu hal yang sangat menggangu. Tetapi setelah kita sadari dan tela'ah ternyata asalah bisa membuat kita menuju kejenjang kecerdasan dan kedewasaan.Sebab dengan asalah yang ada, kita selalu berpikir untuk mencari jalan keluarnya.
    Masalah merupakan sebagian kecil dari ujian yang Allah berikan kepada umat-NYA. Ini semua untuk mengujiseberapa batas kemampuan kita untik bersabar , berusaha, serta berfikir kearah positif.
    Dari itu hadapilah setiap masalah yang ada dan jangan pernah lari untuk menghindarinya. Tidak ada masalah yang tidak bisa di selesaikan. Untuk itu hadapilah segala masalah dalam kehidupan ini. Karena ini merupakan sebuah proses menuju kesuksesan.

    NAMA : SULASTRI
    KELAS : A (PAGI) SEMESTER 1 UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  154. Problem,berfikir, dan cerdas merupakan hal yang berkaitan dan saling memengaruhi. Problem/masalah karena adanya suatu sebab. Problem akan memberikan dampak negatif yang semakin meluas dan berpengaruh pada subjek lain apabila dibiarkan saja tanpa adanya aksi/tindakan dalam penyelesaiannya.
    Dalam penyelesaiannya, kita membutuhkan suatu titik cerah yang disebut solusi. Untuk itulah, sebagai manusia kita dapat menggunakan daya fikir sebagai media menciptakan solusi tersebut. Namun terkadang, kita tidak dapat memfungsikan otak kita secara dalam menghadapi hal demikian. Oleh karena itu, kita memerlukan kecerdasan sebagai pendukung utama daya fikir kita. Kecerdasan tidak hanya berasal dari akal namun juga hati. Kolaborasi fikiran dan kecerdasan merupakan senjata yang tepat untuk meluluhkan titik-titik beku problem. Dengan hal tersebut, kita dapat melacak asal mula duduk permasalahan, dampak, objek, lingkup permasalahan bahkan gambaran titik terang dari permasalahan tersebut.

    Tuhan menciptakan manusia sebagai satu-satunya makhluk yang sempurna karena dilengkapi dengan fikiran dan kecerdasan. Namun terkadang kita masih tak merasa memiliki kecerdasan, padahal potensi itu ada pada diri kita.Banyak cara dan jalan untuk merealisasikan hal seperti di atas. Kita hanya perlu berikhtiar dan berusaha. Demikian pula dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup ini.

    Nama : Desi Anggraini
    Kelas : I b/ pagi
    NIM : 11862061027
    Fakultas : FKIP PGSD Uvaya

    BalasHapus
  155. Kita sebagai manusia hidup di dunia ini pasti akan mendapatkan masalah (problem) dalam kehidupan kita. Dengan adanya masalah kita pasti akan mencari solusinya untuk memecahkan masalah tersebut. Dalam pemecahan masalah yang kita hadapi pastinya akan membuat kita untuk berfikir agar masalah tersebut terpecahkan. Untuk pemecahan masalah kita jangan menanggapinya dengan emosi karena dengan hal itu hanya akan menambah masalah baru. Dari sini Kita dapat mengambil pelajaran bahwa apabila ada problem akan membuat kita berfikir, dan secara tidak langsung dengan befikir kita akan semakin cerdas.

    Nama : Rian Akhyar
    Kelas : 1B
    N I M : 11862061010
    Fakultas : FKIP PGSD Uvaya

    BalasHapus
  156. Setiap masalah itu bisa membuat kita resah atau jadi beben pikiran tapi kalau orang itu sudah terbiasa memecahkan masalah dengan cara berfikir,sangatlah mudah untuk menyelesaikannya dan ada juga orang yang menanggapi masalah itu dengan emosi.Jadi,kita harus bersabar dalam menghadapi masalah tersebut.HendakNya kita harus berdo'a kepada ALLAH SWT untuk mendapatkan kmudahan dalam memecahkan masalah tersebut.



    NAMA:WENI ASTUTI
    NIM:11862061046
    FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    KELAS:1A PAGI
    SEMESTER:1
    M.K:PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  157. Masalah itu selalu ada dikehidupan dan tidak bisa dihindari, harus dihadapi, janganlah takut dengan masalah karena dengan masalah membuat orang bisa menjadi berpikir dengan bijak karena belajar dari pengalaman...

    NAMA : YULIA FITRI
    NPM : 0886 2010 819
    SEMESTER : VII
    PRODI : BIMBINGAN KONSELING

    BalasHapus
  158. masalah selalu ada dalam kehidupan, dan terjadi setiap individu. tergantung kita menyikapinya dalam melakukan suatu permasalahan ...


    NAMA : ARI SAMULANI WAWEI
    NPM : 0886 2010 829
    SEMESTER : VII
    PRODI : BIMBINGAN KONSELING

    BalasHapus
  159. Masalah selalu mebuat kita bingung, pusing,dan menjadi beban pikiran. Tetapi kita tidak boleh lari dari masalah, kita harus menyelesaikannya dengan sabar dan lapang dada. Kadang, kita menyelesaikan masalah pake emosi. Tapi itu tidak akan bisa menyelesaikan masalah. Itu malah hanya membuat masalah itu akan bertambah panjang. Masalah juga membuat kita dewasa dalam berpikir dan berprilaku. Tuhan tidak mungkin memberikan masalah tanpa ada jalan keluar yang baik.
    Kita harus bersyukur karna ada masalah, sebab masalah membuat kita berpikir dan menjadikan kita manusia yang cerdas.



    Nama : Yeni Anisa Putri
    Kelas : IB (pagi)
    Fakultas : FKIP / PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  160. Masalah adalah suatu hal yang tidak bisa di hindari dan permasalahan itu sudah ada sejak dulu bahkan saat kita lahir pun.......... tapi masalah itu sendiri tidak boleh dihindari tapi harus dihadapi agar kita bisa lebih cerdas dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah itu sendiri.
    karna Tuhan tidak akan memnberi masalah atau problem melewati batas kemampuan kita sebagai manusia....dan masalah yang kita hadapi pasti akan ada jalan keluarnya asal kita mau berusaha dan berpikir untuk menyelesaikan masalah itu sendiri.
    Nama : octavini
    NMP : 08862010830
    fakultas :FKIP
    Jurusan : BK
    Semester : VII

    BalasHapus
  161. orang yang malas berfikir biasanya mudah lupa itu disebabkan kemunduran perkembangan otaknya, dengan adanya masalah maka otak kita akan bekerja sesuai fungsinya.
    manusia yang sering berfikir sama halnya ia mengasah otaknya menjadi cerda.
    semakin manusia itu sering berfikir, otak kita semakin peka terhadap rangsangan masalah dan memicunya untuk bekerja

    Nama:gusti firmaria santi
    Fak/jur ; FKIP /PGSD
    Mat kul: Perkembangan peserta didik
    kls; 1 A pagi

    BalasHapus
  162. problem or masalah ?

    setiap kehidupan,setiap perjalanan pasti selalu ada masalah, dari bangun tidur sampai tidur kembali masalah pasti akan selalu ada, dari hal kecil sampai hal besar dan setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengatasinya,tidak ada hidup tanpa masalah,matipun punya masalah.

    Masalah bukan dibenci,dihindari atau dimusna ahkan, tapi dipelajari,difikirkan dan diambil hikmahnya dari masalah yang terjadi.terkadang kita berfikir bahwa masalah kita begitu berat dan sulit untuk diselesaikan, padahal yang membuat sulit masalah itu adalah kita sendiri, seandainya kita mau berfikir tentunya masalah itu akan terasa mudah diselesaikan.yang pada intinya setiap masalah punya jalan tersendiri untuk menyelesaikannya,tinggal bagaimana kita menyikapinya.
    Dari masalah kita belajar untuk mendewasakan pikiran dari berfikir bagaimana cara mengatasinya dan cara menyelesaikannya.Sebelum kita lahir kedunia ini Allah SWT telah menentukan apa yang terjadi pada kita yang mungkin tidak bisa dirubah ketentuanNya,Hanya Berdo'a dan berusaha yang dapat kita lakukan,Selebihnya kita pasrahkan semuanya pada Allah semata.

    jangan putus asa hanya karena masalah,karena dari masalah itulah kita bisa belajar tentang kehidupan.

    Nama : Kurniawati
    Semester/kelas : I /A
    Fak/jur : Fkip/ Pgsd
    M.K : Perkembangan Peserta Didik

    BalasHapus
  163. masalah .. masalah
    masalah selalu muncul di kehidupan kita ,karena kita hidup tak mungkin lepas dari masalah, jadi apa bila kita mendapatkan masalah kita tak perlu khawatir dan menghindar ,karena masalah adalah karunia dari allah SWT ,yang mengajarkan kita berpikir dan bertanggung jawab .

    maka karena itu masalah harus di selesaikan,jangan di tunda,karena masalah akan selalu timbul dalam kehidupan kita,agar kita bisa berpikir dewasa dan bila ada masalah ,kita tak takut menghadapinya .



    NAMA :MUHAMMAD NOOR ADNAN
    KELAS :1 A(PAGI)
    FAK/JUR :FKIP /PGSD
    SEMESTER: GANJIL
    M.K :PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  164. Masalah adalah sesuatu hal yang harus dihadapi, bukan untuk dihindari...
    dengan menghadapi masalah kita dapat berfikir lebih dewasa.........

    Nama: Ina nuryani
    Fak/jur ; FKIP /PGSD
    Mat kul: Perkembangan peserta didik
    kls; 1 A pagi

    BalasHapus
  165. setiap hidup pasti ada masalah tetapi kita sebagai manusia tidak boleh cepat berputus asa karna semua masalah pasti ada jalan keluar.
    Nama : Marissa Ayu Wulandari
    Kelas : IA (pagi)
    Fakultas : FKIP / PGSD
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  166. Suatu masalah pasti datang kepada siapa pun dan mungkin buat kita atasi senndri smpai putus asa karna masalah itu,,
    pdhal smua msalah pasri dpat kita selesai kan satu per satu dengan kitA bisa mengatasi'x,.,.


    NAMA:SITI ROHANA
    NIM:-
    KELAS:1A PAGI
    SEMESTER:1
    FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K:PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  167. Sebagai manusia kita tidak mungkin lepas dari masalah(Problem).Dengan adanya masalah kita akan berpikir mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi. Dan besar kecilnya masalah yang di hadapi tergantung oleh orang yang menghadapi masalah tersebut.


    NAMA : GUSTI LISA KESUMAWATY
    KELAS : 1B (PAGI) SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  168. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,mungkin kata itu yang sering kita dengar.apabila seseorang sedang dalam masalah,mungkin orang tersebut tidak akan henti-hentinya berkeluh kesah.dia akan merasa dialah orang yang paling merugi,susah dan mungkin juga sial.
    Masalah,masalah,masalah……………..
    Dia tidak akan henti-hentinya menghinggapi kita.tapi ingatlah,Allah tidak akan memberikan cobaan kepada manusia melebihi batas kemampuanya.
    Kunci yang pertama dan utama dalam sebuah masalah adalah sabar.Allah telah menegaskan bahwa dia akan selalu bersama dengan orang-orang yang sabar.jangan pernah takut dan jangan pernah menyerah dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan masalah.berprasangka baik sajalah terhadap masalah/cobaan yang sedang kita hadapi,karena sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan.

    Winda safitri
    1/B (pagi)
    UVAYA Banjarbaru
    Semester 1

    BalasHapus
  169. disetiap kehidupan manusiapstimempunyai masalah tapi tidak semua masalah harus diselesaikan dengan emosi semuanya masalah yang kita hadapi harus diselesaikan dengan kepla dingin.

    semua masalah pasti ada solusinya klo kita menyelesaikannya dengan tenang dan berpikir positif,dan semua masalah yangkita hadapi membuat kita berpikir lebih maju dan mengetahui arti darimakna kehidupan yang sesungguhnya.

    Nama : firman
    Kelas : 1 B (pagi) semester 1
    Jurusan : FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  170. Manusia itu tak akan lepas dari masalah, karena setiap dalam kehidupan kita sehari-hari pasti penuh dengan berbagai rintangan. Mulai dari masalah ekonomi sampai masalaah pribadi..

    Nama: Syarkawi
    NIM: 11862060806
    Kelas: 1a pagi
    FAK/Jur: FKIP PGSD

    BalasHapus
  171. problem adalah bagian dari kehidupan yang pasti terjadi dan akan memberikan warna pada kehidupan.

    Akhmad Kamarulah
    Kelas : 1 B (pagi) semester 1
    Jurusan : FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU

    BalasHapus
  172. Masalah itu selalu datang pada kehidupan manusia sehari-hari.
    Tapi terkadang kita menjadikan masalah itu sebagai kendala atau problem yang di hadapinya.
    Sehingga kita sering kali ketika mendapatkan masalah selalu mengeluh,padahal masalah itu sudah di takdirkan allah SWT. Dan kita yang menjalankannya.
    Bukankah allah tidak mungkin memberikan kita masalah ( cobaan ) tak bisa di lalui oleh umatnya.
    Jadi menurut saya,jangan di jadikan masalah itu sebagai beban tapi di jadikan sebagai pelajaran dalam hidup kita.
    karena kita sebagai manusia tak lepas dari masalah.


    NAMA : A'AN SUSANAH
    NIM : 11862061065
    KELAS : 1 A ( PAGI )
    FAK/JUR : FKIP/ PGSD
    SEMESTER: 1 ( GANJIL )
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  173. Dalam kehidupan seharihari kita selalu bertemu dengan masalah. Masalah selalu membelenggu hidup kita,baik itu masalah rumah tangga maupun masalah lainnya. Tetapi masalah bukan lah sesuatu yang harus dijadikan beban,melainkan masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau di jalani. Karena setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Jadikan masalah sebagai motivasi untuk membangun kepribadian yang lebih baik.
    Nama: Anastasya Wea
    Kelas : A FKIP/PGSD semester 1

    BalasHapus
  174. Hidup tu memang penuh dengan masalah tetapi bagaimana cara individu tersebut menerima dan memahami permasalahan yang kita hadapi dan bagaimana cara ia mengatasinya. dengan demikian kita akan mampu melewatinya.

    nama : helly sundawati
    npm : 08862010841
    prodi :BK
    semester :VII

    BalasHapus
  175. Hidup terus berlanjut begitu juga dengan masalah yang selalu datang silih berganti.Kita harus menjalani kondisi sedih, depresi, dan stres apa adanya.Semua masalah itu tidak akan hilang dalam sekejap dan harus melalui upaya dari hari kehari.Agar manusia bahagia manusia harus bisa tercukupi empat kebutuhan pokoknya:kebutuhan fisik,emosional,intelektual,dan spiritual."Salah itu indah",jika kita sadari ,kita perbaiki,tidak kita ulangi dan kesalahan memang bawaan manusia.Sama halnya dengan masalah.

    NAMA : ERIANA ANGGRAINI
    KELAS : 1A PAGI SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  176. hidup pasti slalu ada masalah,,
    dan masalah itu tidak bisa kita hindari,,
    tp hanya bisa kita selesaikan,,,
    menyelesaikan masalah bukan dengan emosi tapi dengan berfikir,,,dengan begitu otak kita terlatih dan bisa berkembang,,,

    bapak saya pinjam blog temend,,,
    krn saya bikin nya gagal terus
    maaf y pak,,,
    nama : rusdini
    kelas : 1A ( pagi )
    m.k : perkembangan peserta didik
    fkip / pgsd
    uvaya banjarbaru

    BalasHapus
  177. di kehidupan kita tidak lepas dari yang namanya masalah baik yang positif maupun negatif...
    tapi kita juga pasti bisa melapas semua masalah kita dengan cara yang sabar...
    karna kunci untuk melepas masalah adalah SABAR.

    Nama: Barkatullah aman
    kelas: I B (pagi) semester 1

    Jurusan : FKIP/PGSD UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARBAR

    BalasHapus
  178. masalah tidak akan lepas dari kehidupan kita sendiri, tetapi masalah akan menjadi pembelajaran yang berarti bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang dengan cara menyikapinya secara positif tidak kenal putus asa dan semangat karna segala sesuatu masalah pasti ada jalan keluarnya.

    Nama : Novita Anggriani
    Nim :11862061103
    kelas :I/B (pagi)
    FKIP/PGSD UVAYA BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  179. Agus Suwandana, UVAYA banjarbaru, kls B...
    Memank sih b'nyak masalh ituu hal yg sangat membosnkn malah menyusahkn,dan kalau kita bisa melwati setiap masalh itu maka kemampuan otak akan semakin berkembang(pintar).. tapi kita harus bijak dlm menghadapi'y kalau kita smpai terkalahkn oleh masalah itu sendiri maka kita akan menjadi orang yg mudah frustasi dan mudah putus asa, jadi bagai mana cara kita untuk mudah menyelesaikan/menyikapi dalam setiap masalah hidup apakah hanya dengan berfikir semua masalah akan mudah di selesaikan, dan apakah ada cara lain lagi...?

    ..mohon di maklumi kalau ada kata yang tidak menyenangkan pak WS.. haaha

    BalasHapus
  180. problem !!!!
    bukan hal yang asing untuk kita,,,,
    dan kita semua pasti mengalaminya,,,,
    problem itu diselesaikan dengan fikiran bukan dengan emosi,,,,,
    dengan mengalami problem otak kita bekerja dan berlatih untuk menuju cerdas !!!

    nama : m. hanafi
    kelas : 1A ( pagi )
    fkip / pgsd
    m.k : PPD
    uvaya bjb

    BalasHapus
  181. Dalam menghadapi suatu masalah hendaknya kita menyikapi dengan pikiran yg tenang dan positif, karna akan membuat otak kita bekerja dengan baik. kadang yg membuat kita merasa lelah/mengeluh saat menghadapimasalah ialah respon tubuh yg tidak baik, sehingga pola pikirpun ikut terganggu dan membuat malas untuk berfikir.

    Raudatun Nisa
    Kls : IA Pagi
    Fak/jur : FKIP/PGSD UVAYA BJB
    Semester 1

    BalasHapus
  182. Memang masalah sangat membuat kita celaka,mka dri itu kta hrus sling bertukar pikiran.Agar kta bsa menghindari masalah.Bpk Makmun tolong beri penjelasan yg jelas ya tentang cara menghindari msalah.Saya sangat mengharapkan penjelasan dri anda Bpk Makmun.Skian dan terima kasih.........._^_^_.........

    Nama : M.Yayan Budi Auliana Kusuma.
    Kls : 1'b.
    M.k : Perkembangan peserta didik.
    FKIP / PGSD
    UVAYA BANJARBARU
    24 Oktober 2011.

    BalasHapus
  183. kehidupan itu memang tak pernah luput dari masalah dan cobaan, jadi se bisa kita untuk meghadapinya dengan lapang dada dan sabar.

    NAMA : Reza Baihaki
    KELAS : 1 B ( PAGI )
    FAK/JUR : FKIP/ PGSD
    SEMESTER: 1 ( GANJIL )

    BalasHapus
  184. jadi problem atau masalah, pasti ada pada setiap manusia. kadang orang berpikir ah ada masalah bikin pusing aja, bikin setres aja.. sebenarnya itu salah, karena adanya problem itu sebenarnya agar kita bisa berpikir,semua masalah pasti ada solusinya, bagaimana caranya memecahkan masalah itu, itu melatih kita untuk berpikir, agar mengasah otak kita agar cerdas. dan dari problem tadi kita bisa ambil hikmahnya.
    agar kita bisa berpikir bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa terpecahkan, karena Allah.SWT tidak memberi cobaan kepada hambanya, melampaui kemampuan hambanya.

    Nama : Hidayat Alfi Rahim
    Kelas : Semester I Fkip/BK
    kampus II : Universitas Achmad Yani Banjarmasin

    BalasHapus
  185. hidup adalah anugerah... kita harus menjalani hidup ini dengan sabar dan melakukan yang terbaek
    didalam hidup. kita tak pernah lepas dari masalah
    karena kita hanyalah manusia yang tidak sempurna..dimataNYA.
    untuk hidup kita menjadilebih baek..
    kita harus menjalankan perintah ALLAH SWT.
    insyaalah kita akan selamat hidup dunia dan akhirat...
    terimakasih dan sekian.....
    Nama:M.Roy Ramadhan..
    KELAS:1B
    JURUSAN FKIP/PGSD
    UNIVERSITAS AHMAD YANI BANJARBARU..._^_^_...

    BalasHapus
  186. Setiap manusia sedikit atau banyak pasti mengalami problem atau masalah tinggal bagaimana cara kita mengatasinya, maka dari itu kita sebagai makhluk tuhan yang diberi akal pikiran yang berbeda dengan makhluk lain gunakan lah sebaik mungkin pikiran kita untuk mengatasi masaalah tersebut, saya yakin setiap masalah pasti ada jalan keluarnya tergantung kita bagai mana cara menyikapinya, jika kita mau sabar bisa mengendalikan emosi dan bermusyawarah pasti masalah bisa teratasi jadi kita tidak pusing lagi

    Nama : WAWAN SUSIANTO
    Kelas : 1b (pagi)
    semester 1 FKIP/ PGSD S1 UVAYA BANJARBARU

    BalasHapus
  187. manusia seringkali mengalami problem dalam hidupnya hampir setiap hari dan setiap saat. kadang-kadang manusia dalam menghadapi masalah (problem) jarang berpikir dengan rasional.
    sebenarnya manusia mampu berpikir dan memberikan nilai positif karena manusia diberikan otak yang lengkap dan sempurna dibandingkan mahluk hidup lainnya.
    jadi dalam menghadapi problem hendaknya manusia berpikir secara rasional (nyata).

    NAMA : RIFKA AMBARWATI
    KELAS : 1 B (PAGI) SEMESTER 1
    FAK : FKIP/PGSD UNIERSITAS ACHMAD YANI BANJARBARU
    M.K : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    BalasHapus
  188. problem ,masalah atau apalah namanya itu ,yg pasti kata2 itu aka selalu ada dan meggerogoti hidup kita ..tp pernahkan kamu berfikir bahwa dengan adanya masalah (problem) ,kita akan mendapatkan berbagai pengalaman ,pelajaran dan bahkan akan menjadikan kita seseorang yg kuat ..
    jadi d sanalah bagaimanakah peranmu untuk memecahkan permasalahan tersebut ,apakah dengan emosi atau dengan kepala dingin ..
    namun ingatlah juga selalu ,bahwa semua masalah yg ada pasti akan ada jalan keluarnya ..
    so ' ,,hadapilah dengan senyuman dan mulailah dengan bismillah serta serahkan semuanya pada yang Kuasa karna dengan itu yg dapat membuatmu lebih tenang ..

    Nama : Anita
    Kelas : I B (PAGI)
    Fak/Jur : FKIP/PGSD

    BalasHapus
  189. di dalam kehidupan tak luput dari yg nmnya masalah. masalah yg terjadi harus di sikap'i dgn sabar , menyelesaikannya tdk dgn emosi. mlainkan dgn berfikir. dgn berfikir otak kita akn trlatih dan berkembang.

    nama : syamsul ma'arif
    kelas : 1 A ( pagi )
    fkip pgsd
    uvaya banjarbaru
    m.k : PPD

    BalasHapus
  190. setiap manusia pasti ad masalah dan masalah itu bisa buat kita celaka dan binasa,kunci masalah itu ialah kita harus shlat dan bedo'a kepada tuhan yg maha esa..kpda bpk makmun saya mengharapkan penjelasan dari anda...bagaymna cara menghindari masalah yg kita tidak inginkan...sekian dan terimakasih ....... :-]

    nama:wahyu fendy wijaya
    kls:1b
    m.k:perkembangan pesrta didik
    FKIP/PGSD
    UVAYA BANJARBARU
    24 oktober 2011.

    BalasHapus
  191. problem atau masalah:hendaknya kita membicarakan dengan baik dan dengan kepala dingin ...
    dan bila kita dapat masalah hadapilah dengan sabar dan lapang dada,,
    karena dalam suatu maslah kita dapat belajar dari masalah itu dan dapat mengambil hikmah dari masalah tersebut...

    Nama : Nina Hidayanti
    Kelas : 1A PGSD
    Kampus : Banjarbaru

    BalasHapus
  192. pada dasarnya setiap manusia yang hidup didunia pasti mempunyai permasalahan dalam hidupnya,tidak ada satupun manusia yang hidup tanpa masalah.mereka tidak menghendaki masalah itu datang,permasalahan itu muncul dengan sendiri dikehidupan kita.masalah bukan untuk dihindari dan di benci tetapi masalah itu datang untuk dihadapi dengan sikap yang tenag,mungkin kita terkadang menyikapi masalah itu dengan tidak berfikir yang cerdas padahal permasalahan itu hanyalah ujian dari allah SWT ,karena itu dalam menghadapi masalah hendaknya kita berfikir panjang dan menyikapinya dengan sabar.jangan pernah kamu menghindari dengan melakukan hal-hal yang negatif,karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluar dan semakin permasalahan itu datang semakin membuat kita dewasa dan cerdas.

    nama :khusnul.maimunah
    kelas:1B
    semester:1(ganjil)
    UNIVERSITAS ACHMAD YANI

    BalasHapus
  193. Manusia mampu berpikir dan bahkan memberikan nilai (value) karna dikaruniai otak yang lengkap dan sempurna, terkadang manusia mengeluarkan emosi tanpa berpikir dulu, sehingga berprilaku yang aneh-aneh. harus diakui bahwa perilaku manusia sebagai interaksi pola pikir dan emosi. Jadi dalam menghadapi masalah harus berpikir dengan kepala dingin.


    Nama: Rifki Ambarsari
    Kelas: 1a Pagi
    Fak: FKIP PGSD

    BalasHapus
  194. Memang setiap manusia pasti memiliki masalah setiap harinya,dari masalah pribadi sampai masalah dengan orang lain...
    tapi bukan kah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya..nah jadi tinggal kita saja yang harus bisa berfikir positif dan jagan lupa minta petunjuk kepada allah..karna masalah dialah yang menghendaki.....dan tetap optimis jangan jadi pesimis..


    nama : Sofia Farida
    Nim : 11862060788
    Kelas : I/B
    FKIP?PGSD UVAYA BANJARBARU

    BalasHapus
  195. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  196. manusia memang memiliki berbagai mslh..tapi mslh itu dapt d selesaikn dengn pikiran yg tenang dan sabr...jangn selalu dengn emosi dan otot.gunakan otak untuk berpikir dan mencari solosinya..apa bila otak selalu di gunakan untuk perpikir maka otak akan lebih baik dlm berpikir

    NAMA :HERMILA WATI
    KELAS :1B(PAGI) SEMESTER 1
    M.K :PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
    JURUSAN :FKIP/PGSD,UVAVA(BANJARBARU)
    24 OKTOBER 2011

    BalasHapus
  197. setiap orang pasti akan mendapatkan masalah tetapi dengan adanya masalah kita bisa lebih sabar menghadapinya serta menanggapinya lebih dewasa.

    Nama : yulia eka nuary
    kelas: 1/B(pagi)
    fak/jur:FKIP/PGSD

    BalasHapus